Tautan-tautan Akses

Kyrgyzstan Minta Belarusia Ekstradisi Bakiyev


Pemerintah sementara menyetujui resolusi yang mencabut otoritas Bakiyev dan hak kekebalannya sebagai presiden.

Pemerintah sementara Kyrgyzstan meminta Belarusia supaya mengekstradisi Presiden terguling, Kurmanbek Bakiyev. Pemerintah sementara hari Senin menyetujui resolusi yang mencabut otoritas Bakiyev dan hak kekebalannya sebagai presiden.

Mereka ingin Bakiyev kembali ke Kyrgyzstan hingga ia bisa diajukan kepengadilan atas tuduhan memerintahkan pihak keamanan menembaki pendemo anti pemerintah awal bulan ini. Pemberontakan 7 April menewaskan 84 orang dan memaksa Bakiyev mundur dan meninggalkan negerinya serta berlindung di Belarusia minggu lalu.

Sementara itu, pemerintahan sementara Kyrgyzstan mengatakan Rusia telah menahan dan mengekstradisi seorang menteri pemerintahan yang terguling ke Bishkek.

Pejabat-pejabat di ibukota Kyrgyzstan hari Senin mengatakan mantan Menteri Dalam Negeri Moldomusa Kongantiyev telah ditahan di Moskow pagi hari dan diterbangkan pada malam hari ke Bishkek, di mana ia sekarang berada dalam tahanan polisi.

Kongantiyev yang menjadi menteri mantan Presiden Kurmanbek Bakiyev, menghilang ketika terjadi bentrokan berdarah awal bulan yang menciptakan krisis politik di negara Asia Tengah tersebut.

Kantor berita Kyrgyzstan juga melaporkan pemerintahan baru negara itu sedang memburu Kepala Dinas Keamanan Murat Sutalinov, mantan Perdana Menteri Daniyar Usenov dan saudara lelaki mantan Presiden Zhanysh Bakiyev yang juga menduduki jabatan tinggi di pemerintahan.

XS
SM
MD
LG