Tautan-tautan Akses

Lance Amstrong Pimpin Tur Bersepeda Galang Dana di Beirut


Mantan pesepeda profesional AS, Lance Armstrong
Mantan pesepeda profesional AS, Lance Armstrong

Mantan pesepeda profesional Amerika Lance Armstrong hari Minggu (4/10) memimpin tur bersepeda di sekitar Beirut, Lebanon, untuk meningkatkan kesadaran dan sekaligus mengumpulkan dana bagi sejumlah organiasi yang membantu warga yang menderita akibat ledakan dahsyat Agustus lalu. Ledakan besar di fasilitas pelabuhan Beirut pada 4 Agustus lalu menewaskan 193 orang dan melukai 6.500 lainnya. Ledakan itu juga menimbulkan kerugian miliaran dolar.

“Kami mulai dari sini, lokasi yang saya kira tidak jauh dari lokasi ledakan sebenarnya. Kita akan melakukan tur ke komunitas-komunitas di sini, yang terdampak ledakan itu,” ujar Lance.

Ledakan itu merupakan insiden paling menghancurkan dalam sejarah Lebanon.

Tur bersepeda “Bike for Beirut” itu melibatkan puluhan pesepeda lain. Tur dimulai di luar pelabuhan Beirut di mana sekitar 3.000 ton amonium nitrat yang telah disimpan selama enam tahun meledak dan menimbulkan kerusakan sangat besar. Ribuan rumah dan apartemen juga hancur.

Insiden ledakan ini terjadi ketika Lebanon sedang menghadapi krisis ekonomi dan keuangan terburuk dalam sejarah, yang bahkan diperparah dengan pandemi virus corona.

Reputasi dan nama harum Amstrong, seorang penyintas kanker yang telah memenangkan Tour de France selama tujuh kali, sempat tercoreng dengan terungkapnya kasus penggunaan obat untuk meningkatkan performanya ketika bertanding. [em/jm]

XS
SM
MD
LG