Tautan-tautan Akses

Mars Akuisisi Produsen Pringles, Kellanova, Hampir $36 Miliar


FILE: Keripik Pringles produksi Kellanova, 5 Agustus 2024. (Dado Ruvic/REUTERS)
FILE: Keripik Pringles produksi Kellanova, 5 Agustus 2024. (Dado Ruvic/REUTERS)

Mars, pembuat permen M&M dan Snickers, Rabu (14/8) mengatakan pihaknya akan membeli perusahaan makanan ringan Kellanova. Itu menandai kesepakatan bernilai miliaran dolar yang akan menjadi sebuah industri besar makanan camilan yang baru.

Transaksi tunai itu akan menawarkan pembelian kepada Kellanova, produsen makanan ringan seperti Pringles dan Pop-Tarts sebesar $35,9 miliar, termasuk utang.

"Dalam menyambut portofolio Kellanova yang sedang berkembang di dunia, Mars berpeluang besar untuk lebih mengembangkan bisnis makanan ringan berkelanjutan, yang sesuai untuk masa depan," kata kepala eksekutif Mars, Poul Weihrauch dalam sebuah pernyataan.

Kantor pusat Mars Inc. di McLean, Virginia, Amerika Serikat, 10 Agustus 2024. (Abigail Summerville/REUTERS)
Kantor pusat Mars Inc. di McLean, Virginia, Amerika Serikat, 10 Agustus 2024. (Abigail Summerville/REUTERS)

Pengumuman itu muncul sewaktu konsumen merasakan tekanan dari meningkatnya biaya hidup, yang menekan perusahaan untuk mengendalikan kenaikan harga produknya. Namun langkah itu dapat menarik perhatian dari regulator AS yang mengambil sikap keras terhadap konsolidasi bisnis.

Akuisisi bernilai $83,50 per saham dengan tunai "mempercepat ambisi untuk menggandakan produk makanan kecil Mars dalam dekade berikutnya, sejalan dengan permintaan konsumen dunia," kata pihak Mars.

Itu akan menyambut datangnya dua merek baru bernilai miliaran dolar, yaitu Pringles dan Cheez-It, ke dalam bisnisnya. Perusahaan itu mengatakan, telah memiliki 15 merek bernilai miliaran dolar.

Kellanova mencatat penjualan bersih sekitar $13 miliar pada tahun 2023, dan hadir di 180 pasar dengan sekitar 23.000 pegawai. Saham Kellanova naik 7,3 persen dalam awal pembukaan pasar AS. [ps/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG