Tautan-tautan Akses

Masih Dilanda Keraguan, Djokovic Belum Pasti Berlaga di Wimbledon


Petenis Serbia Novak Djokovic bereaksi saat kehilangan poin dalam pertandingan melawan Taylor Fritz dari AS di babak perempat final Australia Terbuka di Melbourne, Australia, pada 23 Januari 2024. (Foto: AP/Asanka Brendon)
Petenis Serbia Novak Djokovic bereaksi saat kehilangan poin dalam pertandingan melawan Taylor Fritz dari AS di babak perempat final Australia Terbuka di Melbourne, Australia, pada 23 Januari 2024. (Foto: AP/Asanka Brendon)

Masih dilanda sejumlah keraguan terkait partisipasinya di Wimbledon, petenis Novak Djokovic mengatakan pada minggu ini bahwa dia hanya akan berkompetisi di Grand Slam ketiga tahun ini jika ia merasa cukup fit untuk bisa membawa gelar dari turnamen lapangan rumput tersebut.

Djokovic, 37, menderita cedera lutut kanan saat bertanding di Roland Garros pada awal bulan ini. Ia lalu menjalani operasi untuk menyembuhkan cederanya itu. Undian untuk Wimbledon sendiri akan berlangsung pada Jumat (28/6) ini, dan pertandingan babak pertama akan mulai digelar pada Senin (1/7) mendatang.

Peraih 24 gelar Grand Slam tersebut, yang telah menjuarai Wimbledon sebanyak tujuh kali, telah berlatih di All England Club pada minggu ini di saat ia memulai persiapan untuk mengikuti turnamen itu.

"Jika saya rasa bisa bermain hampir di level maksimal atau di level paling maksimal, maka saya akan bermain," ungkap Djokovic kepada BBC. "Jika tidak, maka saya akan memberikan orang lain kesempatan untuk bermain."

Pada Senin (24/6), petenis asal Serbia itu tampak berlatih dengan petenis Argentina Federico Coria, melatih pukulan servis, groundstrokes dan bermain hingga beberapa tiebreak.

"Proses pemulihan berjalan ke arah yang benar setiap harinya, beberapa persen lebih baik. Itu yang memberikan saya harapan dan dorongan untuk terus maju," ujarnya.

"Saya melakukan semuanya bertahap. Saya tidak terlalu ngoyo namun saya berharap hasilnya akan membaik dalam beberapa hari ke depan."

Gelar Wimbledon terakhir bagi Djokovic terjadi pada 2022. Ia harus puas menjadi runner up pada tahun lalu setelah kalah dari petenis asal Spanyol Carlos Alcaraz dalam pertandingan lima set.

Pada minggu lalu, Djokovic mengumumkan bahwa ia akan bertanding di Olimpiade Paris bulan depan, yang akan menjadi penampilan kelimanya di Olimpiade musim panas. [rs]

Forum

XS
SM
MD
LG