Tautan-tautan Akses

Matthew McCounaghey Optimis Industri Kreatif Akan Lebih Maju Pascapandemi Covid-19


Aktor Matthew McConaughey saat menghadiri pemutaran perdana "Gold" di AMC Loews Lincoln Square di New York, 17 Januari 2017. (Foto: dok).
Aktor Matthew McConaughey saat menghadiri pemutaran perdana "Gold" di AMC Loews Lincoln Square di New York, 17 Januari 2017. (Foto: dok).

Aktor peraih Oscar dan pemeran utama film "Interstellar" Matthew McCounaghey, meminjamkan suaranya untuk iklan layanan masyarakat menghadapi pandemi virus corona. Menurutnya, meskipun kini dunia tengah berada dalam skenario layaknya film fiksi-ilmiah, ia yakin masa depan industri kreatif justru akan lebih baik setelah wabah itu tertangani.

Petikan iklan layanan masyarakat ini disuarakan oleh aktor peraih Oscar Matthew McCounaghey. Dalam iklan tersebut, Matthew menuturkan bahwa umat manusia tengah berperang melawan virus corona jenis baru yang belakangan dinamai Covid-19.

Untuk bisa mengalahkan ‘musuh’ bersama itu, pemeran utama film fiksi-ilmiah Interstellar itu meminta semua orang untuk menggunakan senjata paling ampuh yang mereka miliki, yaitu dengan tetap berada di rumah.

Dalam wawancaranya terkait iklan tersebut, Matthew menuturkan, “Kita semua harus memahami parahnya situasi yang kita hadapi saat ini. Dan tampaknya kita harus memberitahukan (kepada orang-orang) bahwa berdiam di rumah bukan sekadar ide yang bagus, tapi memang hal yang perlu kita lakukan, yang penting kita lakukan agar bisa menang (melawan virus corona). Itu sebabnya saya memulai iklan itu dengan mengatakan, mari perlakukan situasi ini sebagai perang yang sedang kita hadapi, ketimbang hanya mengatakan, ‘Hey, apakah berdiam di rumah itu bentuk pertahanan yang baik?’ Justru itulah bentuk perlawanan terbaik kita saat ini.”

Bukan sekadar menyuarakan, Matthew juga terlibat dalam proses penulisan naskah dan pembuatan iklan layanan masyarakat itu.

Meski Hollywood terpaksa berhenti produksi untuk sementara waktu, ia bersyukur tidak ada proyeknya yang terdampak. Saat ini ia memilih tinggal di kediamannya di kota Austin, Texas, bersama istri dan anak-anaknya, serta sang Ibu yang ia jemput dari fasilitas panti jompo ketika pandemi virus corona merebak.

Di sisi lain, menurutnya, dihentikannya sementara produksi Hollywood akan membawa dampak positif di masa yang akan datang bagi industri kreatif.

“(Dunia) yang kita tinggali saat ini, sebelumnya hanya menjadi kisah film fiksi-ilmiah. Itu semua sebelumnya selalu fiksi, lalu sekarang ini menjadi sebuah nonfiksi. Ini semua benar-benar terjadi. Ini sedang berlangsung, dan kita ada di dalamnya. Jadi, menurut saya, paradigma (kreativitas) pasti akan berubah,” kata Matthew McCounaghey.

Saat ini, sambil melakukan pembatasan sosial dan berdiam di rumah, Matthew tengah sibuk menulis buku dan mengajar di Universitas Texas. [rd/ab]

XS
SM
MD
LG