Tautan-tautan Akses

Melinda Gates Mundur dari Gates Foundation


Melinda Gates, salah satu ketua dari Bill & Melinda Gates Foundation, berbicara dalam panel di pertemuan yang diselenggarakan oleh Bank Dunia dan IMF di Washington, pada 13 April 2023. (Foto: Reuters/Elizabeth Frantz)
Melinda Gates, salah satu ketua dari Bill & Melinda Gates Foundation, berbicara dalam panel di pertemuan yang diselenggarakan oleh Bank Dunia dan IMF di Washington, pada 13 April 2023. (Foto: Reuters/Elizabeth Frantz)

Melinda French Gates akan mengundurkan diri sebagai wakil ketua Bill & Melinda Gates Foundation, sebuah yayasan amal yang ia dan mantan suaminya Bill Gates dirikan, dan menjadi salah satu organisasi filantropi terbesar di dunia dalam 20 tahun ini.

Melinda mencuit di X bahwa "ini bukan keputusan mudah."

"Saya sangat bangga dengan yayasan yang saya dan Bill bangun bersama, dan pekerjaan luar biasa yang dilakukan yayasan ini untuk melawan ketidakadilan di seluruh dunia."

Ia memuji CEO yayasan itu, Mark Suzman, dan dewan pengawas yayasan, yang diperluas secara signifikan setelah pasangan tersebut mengumumkan perceraian mereka pada Mei 2021.

"Ini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk melangkah maju ke babak berikutnya dalam filantropi saya," tulis Melinda dalam pernyataannya. Ia mengelola beberapa investasi dan pemberian filantropisnya melalui organisasinya, Pivotal Ventures, yang bukan merupakan organisasi nirlaba.

Bill Gates berterima kasih kepada Melinda atas kontribusinya yang "sangat penting" kepada yayasan tersebut dalam sebuah pernyataan terpisah, dengan mengatakan, "Saya ikut sedih atas pengunduran dirinya, namun saya yakin ia akan memberikan dampak yang sangat besar dalam kegiatan filantropi di masa depan."

Melinda akan menerima US$12,5 miliar sebagai bagian dari kesepakatannya dengan Gates, yang menurutnya akan berkomitmen pada pekerjaan masa depan yang dipusatkan pada perempuan dan keluarga.

Sebelumnya, yayasan tersebut telah mengatakan Melinda akan memastikan agar dana itu tidak keluar dari dana abadi yayasan. Dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email, yayasan itu mengatakan Suzman mengumumkan keputusan tersebut kepada para karyawannya pada hari Senin (13/5).

"Setelah menyaksikan kemunduran hak-hak perempuan di AS dan di seluruh dunia dalam beberapa tahun yang sulit ini, ia ingin menggunakan babak berikutnya untuk secara khusus fokus pada perubahan tersebut," kata Suzman tentang Melinda.

Suzman mengatakan bahwa ia tahu banyak orang yang bergabung dengan yayasan tersebut sebagian karena kekaguman mereka terhadap perjuangan Melinda, terutama dalam hal kesetaraan gender. "Saya tahu betapa Melinda sangat dicintai di sini,” cuitnya.

Hingga Desember 2023, The Gates Foundation tercatat memiliki dana abadi sekitar US$75,2 miliar. Satu bulan kemudian, badan itu mengumumkan rencana untuk menggunakan dana sebesar US$8,6 miliar untuk berbagai kegiatan pekerjaannya di tahun 2024 ini.

The Associated Press menerima dukungan keuangan untuk liputan berita di Afrika dari Bill & Melinda Gates Foundation, dan juga untuk liputan berita tentang perempuan di dunia kerja dari Pivotal Ventures. [em/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG