Tautan-tautan Akses

Menhan AS, China akan Bertemu di Tengah Ketegangan Taiwan


Menteri Pertahanan Lloyd Austin memberikan kesaksian di hadapan Komite Senat Angkatan Bersenjata di Capitol Hill di Washington, 9 April 2024. (Foto: AP)
Menteri Pertahanan Lloyd Austin memberikan kesaksian di hadapan Komite Senat Angkatan Bersenjata di Capitol Hill di Washington, 9 April 2024. (Foto: AP)

Pentagon, Jumat (24/5), mengumumkan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin akan bertemu dengan Menteri Pertahanan China. Pertemuan tersebut digelar setelah Beijing melakukan latihan perang di sekitar Taiwan sebagai isyarat ‘penyambutan’ kepada pemimpin baru Taipei yang didukung AS.

Pentagon mengumumkan bahwa Austin akan berjumpa dengan mitra pertahanan China, Laksamana Dong Jun, di sela partisipasi mereka dalam Dialog Shangri-La pada 31 Mei hingga 2 Juni. Dialog tersebut merupakan pertemuan tahunan para pejabat pertahanan dari berbagai negara di seluruh dunia.

Dalam beberapa hari terakhir, China banyak mengirimkan kapal perang dan jet tempur di sekitar Taiwan sebagai uji kemampuannya, menunjukkan keinginan untuk merebut pulau tersebut yang mereka klaim sebagai milik mereka. Latihan tersebut dilakukan setelah pelantikan Presiden Lai Ching-te, yang berkomitmen untuk mempertahankan demokrasi di Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri.

Pertemuan Austin dengan Dong sudah diperkirakan sejak Austin berbicara dengan Dong melalui telepon pada April, yang merupakan pembicaraan substantif pertama antara menteri pertahanan kedua negara dalam hampir 18 bulan.

Pemerintahan Presiden Joe Biden dan China terus meningkatkan dialog untuk mengurangi ketegangan, seperti kunjungan Menteri Luar Negeri Antony Blinken ke Beijing dan Shanghai oada bulan lalu.

Namun, perundingan di bidang pertahanan masih tertunda hingga Presiden China Xi Jinping, menyetujui untuk memulai kembali dialog militer selama pertemuan puncak dengan Biden di California pada November.

Austin juga akan melakukan perjalanan minggu depan ke Kamboja untuk melakukan pembicaraan dengan para menteri pertahanan ASEAN dan mengakhiri perjalanannya di Prancis, di mana ia akan bergabung dengan Presiden Joe Biden dalam memperingati 80 tahun D-Day. [ah/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG