Tautan-tautan Akses

Menkeu AS Yellen Bertemu Dubes Xie Sebelum ke China


Menteri Keuangan Janet Yellen berbicara tentang hubungan ekonomi AS-China di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, Washington, 20 April 2023. (AP/Manuel Balce Ceneta)
Menteri Keuangan Janet Yellen berbicara tentang hubungan ekonomi AS-China di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, Washington, 20 April 2023. (AP/Manuel Balce Ceneta)

Menteri Keuangan AS Janet Yellen, Senin (7/4) bertemu dengan Duta Besar China untuk AS Xie Feng menjelang perjalanannya pekan ini ke China, sebagai bagian dari upaya pemerintahan presiden Joe Biden untuk mengatasi hubungan yang tegang antara kedua negara.

“Diskusi yang jujur dan produktif mendukung upaya-upaya yang tengah berlangsung untuk tetap membuka jalur komunikasi dan secara bertanggung jawab mengelola hubungan bilateral AS-China,” kata Departemen Keuangan AS dalam suatu pernyataan.

Media pemerintah China mengatakan Xie mengemukakan harapan kedua negara akan menghilangkan campur tangan dan memperkuat dialog.

Mengelola hubungan, menangani isu-isu yang menjadi kepentingan bersama dan memastikan ketegangan tidak berubah menjadi konflik telah menjadi tema utama pembicaraan antara para pejabat senior dalam beberapa pekan ini, termasuk dalam kunjungan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke Beijing bulan lalu.

Departemen Keuangan mengatakan dalam pembicaraan dengan Xie, Yellen “mengangkat isu-isu yang menjadi perhatian selain juga menyampaikan pentingnya kedua ekonomi terbesar ini bekerja sama dalam berbagai tantangan global, di antaranya isu-isu makroekonomi dan keuangan.”

Yellen dijadwalkan mengunjungi China pada 6-9 Juli untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat senior.

Seorang pejabat senior Departemen Keuangan mengatakan kepada wartawan hari Minggu bahwa AS menginginkan hubungan ekonomi yang sehat dengan China dan bahwa menghentikan perdagangan dan investasi sepenuhnya “akan menggoyahkan kedua negara dan ekonomi global.”

Para pejabat juga mengatakan Yellen berencana membahas keprihatinan AS mengenai UU kontraspionase baru China. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG