Tautan-tautan Akses

Migrasi Internasional Dorong Pertumbuhan Jumlah Penduduk AS pada 2022


Sejumlah migran tampak mengantre makanan yang didonasikan oleh warga sekitar di El Paso, Texas, pada 18 Desember 2022. (Foto: AP/Andres Leighton)
Sejumlah migran tampak mengantre makanan yang didonasikan oleh warga sekitar di El Paso, Texas, pada 18 Desember 2022. (Foto: AP/Andres Leighton)

Populasi Amerika Serikat bertambah sebanyak 1,2 juta orang pada 2022, di mana sebagian besar pertumbuhan tersebut didorong oleh migrasi internasional.

Biro Sensus AS, pada Kamis (22/12), mengatakan jumlah penduduk Amerika Serikat kini mencapai 333,2 juta orang.

Migrasi internasional bersih – yaitu jumlah orang yang pindah ke Amerika dikurangi jumlah orang yang meninggalkan negara ini – dari tahun 2021 hingga 2022 mencapai lebih dari satu juta orang. Hal tersebut mewakili tingkat pertumbuhan yang mencapai 168 persen dari jumlah 376.029 migran internasional yang tercatat pada tahun sebelumnya. Menurut perkiraan populasi tahun 2022, setiap negara bagian di AS mengalami pertambahan penduduk dari luar negeri.

Pertumbuhan alami – yaitu jumlah kelahiran dikurangi jumlah kematian – bertambah sebanyak 248.000 orang, yang merupakan peningkatan kelahiran tahun-ke-tahun pertama sejak 2007.

Tingkat pertumbuhan tahunan AS pada tahun ini mencapai 0,4 persen atau berarti rebound dari 0,1 persen selama perebakan luas virus corona dari tahun 2020 hingga 2021; yang tetap merupakan pertumbuhan terendah sejak negara tersebut berdiri.

Jika dikaji berdasarkan kawasan, maka wilayah Timur Laut kehilangan hampir 219.000 orang dalam tren yang sebagian besar terjadi akibat perpindahan penduduk domestik dari wilayah New York, New Jersey, dan Massachusetts, serta tingkat kematian yang melebihi kelahiran di Pennsylvania.

Wilayah Midwest juga kehilangan hampir sebanyak 49.000 penduduk. Sebagian diakibatkan karena pindahnya orang-orang dari wilayah Illinois, dan tingkat kematian yang melebihi kelahiran di Ohio.

Semantara itu, wilayah Selatan menerima tambahan sebesar 1,3 juta penduduk atau yang terbesar dibanding wilayah mana pun. Hal tersebut didorong oleh pertambahan populasi di Texas dan Florida, yang masing-masing mendekati setengah juta penduduk. Texas, negara bagian terpadat kedua di AS, melampaui angka 30 juta penduduk; bergabung dengan California sebagai satu-satunya negara bagian lain dalam kategori itu.

Meskipun demikian California kehilangan lebih dari 113.000 penduduk, dan memiliki populasi lebih dari 39 juta orang pada tahun 2022. Kondisi tersebut merupakan penurunan tahunan terbesar di balik kehilangan lebih dari 180.000 penduduk di New York.

Penurunan populasi California ini didorong oleh pindahnya lebih dari 343.000 rumah tangga dari negara bagian itu. Hal ini membuat pertambahan populasi di wilayah Barat menjadi hanya 153.000 orang.

Tanpa migrasi internasional dan peningkatan alami yang besarnya melebihi kematian, wilayah Barat akan kehilangan populasi karena warga lokal juga pindah dari Oregon dan Washington.

Puerto Rico kehilangan 40.000 penduduk atau 1,3 persen dari total populasinya karena perpindahan warga dan kematian yang melebihi kelahiran. Jumlah penduduk Puerto Rico kini mencapai 3,2 juta orang. [em/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG