Tautan-tautan Akses

Militer Korsel dan AS Adakan Latihan Gabungan Seberangi Sungai


Tentara Angkatan Darat AS berbaris saat latihan militer gabungan Korea Selatan dan Amerika Serikat di Paju, Korea Selatan, Jumat, 13 Januari 2023. (Foto: AP)
Tentara Angkatan Darat AS berbaris saat latihan militer gabungan Korea Selatan dan Amerika Serikat di Paju, Korea Selatan, Jumat, 13 Januari 2023. (Foto: AP)

Tentara Korea Selatan dan Amerika melakukan latihan penyeberangan celah basah (sungai) bersama pada hari Rabu (20/3) di Yeoncheon, yang terletak tepat di selatan perbatasan dengan Korea Utara.

Selama latihan tersebut, kedua angkatan bersenjata mengerahkan aset pertahanan udara dan darat, sekaligus membangun jembatan untuk menyeberangi sungai.

Sekitar 470 tentara Korea Selatan dan AS berpartisipasi dalam latihan tersebut yang juga menggunakan helikopter Chinook dan Apache.

Tujuan dari latihan pada hari Rabu ini adalah untuk melatih kerja sama antara tentara Korea Selatan dan Amerika Serikat sambil memastikan mobilitas pasukan gabungan, seperti diungkapkan oleh Letnan Kolonel Brent Kinney, Komandan Batalyon Zeni Ke-11, Divisi Infanteri Ke-2, Angkatan Darat AS, yang mengatakan: “Dalam kesempatan pelatihan yang luar biasa ini, seperti yang Anda lihat di belakang kami, kami telah menyelesaikan jembatan gabungan yang melintasi Sungai Imjin. Ini adalah kesempatan pelatihan yang sangat penting untuk mempraktikkan interoperabilitas tentara AS dan tentara Korea Selatan.”

Mayor Kim Jin-woo, Komandan Kompi Penyeberangan Sungai Korea Selatan setuju dengan pernyataan itu dan menambahkan: “Latihan gabungan ini merupakan kesempatan untuk memaksimalkan interoperabilitas aset penyeberangan sungai Korea Selatan dan AS dan meningkatkan kemampuan untuk melakukan operasi bersama. Kami berangkat bersama!” [lt/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG