Tautan-tautan Akses

Misteri Seputar Bocornya Audio dari Kantor PM Pakistan Semakin Dalam


Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan berjalan meninggalkan gedung pengadilan tinggi di Islamabad pada 3 Oktober 2022. (Foto: AFP/Ghulam Rasool)
Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan berjalan meninggalkan gedung pengadilan tinggi di Islamabad pada 3 Oktober 2022. (Foto: AFP/Ghulam Rasool)

Mantan perdana menteri Pakistan, Imran Khan, mengutuk bocornya audio percakapan dari masa ketika dia menjabat dan masa jabatan perdana menteri Shahbaz Sharif, yang saat ini berkuasa. Dia menyerukan penyelidikan yudisial atas apa yang ia sebuat sebagai “pelanggaran serius keamanan nasional.”

Beberapa klip audio telah beredar di platform media sosial dalam beberapa minggu terakhir di mana Perdana Menteri Sharif dan pendahulunya Khan terdengar mendiskusikan masalah-masalah resmi dengan menteri atau pembantu dekat mereka.

Percakapan itu konon direkam di kantor perdana menteri dan kediaman resmi.

“Kami bermaksud pergi ke Pengadilan untuk memastikan keaslian (dari audio yang) bocor ke publik dan kemudian membentuk JIT (Tim Investigasi Gabungan) untuk menyelidiki badan Intel mana yang bertanggung jawab atas penyadapan dan siapa yang membocorkan audio yang banyak diedit/diubah,” cuit Khan di Twitter pada Senin (10/10).

“Ini sangat penting karena masalah keamanan sensitif sedang dan telah direkam secara ilegal dan kemudian diretas, menunjukkan kerahasiaan keamanan nasional Pakistan telah terungkap secara global,” keluh mantan perdana menteri itu.

Sharif sendiri telah menyebut kebocoran itu sebagai “kesalahan (keamanan) yang sangat serius” dan membentuk komite tingkat tinggi sekitar dua minggu lalu, yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Rana Sanaullah, untuk menyelidiki insiden tersebut.

Para pejabat hingga kini belum memberikan informasi apa pun tentang status penyelidikan itu maupun hasilnya. [lt/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG