Tautan-tautan Akses

Nikki Haley Dikalahkan oleh ‘Tak Satupun dari Kandidat Ini’ dalam Pemilihan Pendahuluan Partai Republik Nevada


Kandidat presiden dari Partai Republik, mantan Duta Besar PBB Nikki Haley berbicara di acara kampanye, 27 Januari 2024. (Foto: AP/Matt Kelley)
Kandidat presiden dari Partai Republik, mantan Duta Besar PBB Nikki Haley berbicara di acara kampanye, 27 Januari 2024. (Foto: AP/Matt Kelley)

Nikki Haley pada Selasa (6/2) kalah telak dalam pemilihan pendahuluan simbolis calon presiden Partai Republik di Nevada di mana para pemilih Partai Republik dengan tegas memilih opsi “tidak satupun dari kandidat ini” sebagai penolakan terhadap mantan duta besar AS yang merupakan saingan utama terakhir kandidat terdepan Donald Trump itu.

Mantan Presiden Trump tidak ikut bersaing dalam pemilihan pendahuluan itu, yang tidak memberikan delegasi yang diperlukan untuk memenangkan nominasi Partai Republik. Dia malah fokus pada kaukus yang akan diadakan pada hari Kamis di negara bagian itu yang akan membantunya semakin dekat untuk menjadi pembawa panji Partai Republik.

Dengan demikian hasil pemilihan pendahuluan Partai Republik pada Selasa secara teknis tidak ada artinya. Namun hasil ini masih memalukan bagi Haley, yang telah berusaha memposisikan dirinya sebagai kandidat yang benar-benar dapat bersaing melawan Trump. Sebaliknya, ia menjadi calon presiden pertama dari salah satu partai yang kalah bersaing dengan “tidak satu pun dari kandidat ini” sejak opsi itu diperkenalkan di Nevada pada 1975.

Kandidat presiden dari Partai Republik mantan Duta Besar PBB Nikki Haley berbicara pada acara kampanye di Spartanburg, Senin, 5 Februari 2024. (Foto: AP/Matt Kelley)
Kandidat presiden dari Partai Republik mantan Duta Besar PBB Nikki Haley berbicara pada acara kampanye di Spartanburg, Senin, 5 Februari 2024. (Foto: AP/Matt Kelley)

Haley telah mengatakan sebelumnya bahwa dia akan "fokus pada negara-negara bagian yang adil” dan tidak berkampanye di Nevada pada minggu-minggu menjelang kaukus.

Trump bercanda di jaringan media sosialnya Truth Social, “Lihat, dia akan segera meraih kemenangan!”

Gubernur Nevada Joe Lombardo, seorang Republikan, telah mengumumkan sebelumnya bahwa dia akan memilih “tidak satupun dari kandidat ini” pada hari Selasa. Beberapa anggota Partai Republik yang diwawancarai menjelang pemungutan suara mengatakan mereka akan melakukan hal yang sama.

Associated Press menyatakan “Tidak satu pun dari kandidat ini” sebagai pemenang pada pukul 12:01 Rabu (7/2) berdasarkan hasil pemungutan suara awal yang menunjukkan bahwa pilihan tersebut unggul secara signifikan atas Haley di tujuh county (distrik setingkat kabupaten) di seluruh negara bagian Nevada.

Ada juga pemilihan pendahuluan Partai Demokrat pada hari Selasa yang dimenangkan dengan mudah oleh Presiden Joe Biden melawan penulis Marianne Williamson dan beberapa penantang yang kurang dikenal. Anggota DPR Dean Phillips dari Minnesota tidak ikut dalam pemungutan suara.

Biden mengeluarkan pernyataan terima kasih kepada para pemilih di Nevada atas dukungan mereka dan, dengan harapan akan adanya pertarungan pada bulan November, memperingatkan bahwa Trump sedang mencoba untuk memecah belah Amerika. [lt/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG