Tautan-tautan Akses

Norfolk Southern: Kereta Api yang Terguling di Alabama Tidak Beracun


Kondisi dari kereta api Norfolk Southern yang tergelincir di Calhoun County, Alabama. Foto diambil pada 9 Maret 2023. (Foto: Calhoun County Sheriff's Office via AP)
Kondisi dari kereta api Norfolk Southern yang tergelincir di Calhoun County, Alabama. Foto diambil pada 9 Maret 2023. (Foto: Calhoun County Sheriff's Office via AP)

Perusahaan kereta api Norfolk Southern, pada Minggu (9/4), mengatakan kereta api milik mereka yang tergelincir di Alabama tidak memiliki material beracun dan tidak menimbulkan bahaya pada publik.

Para pekerja masih melanjutkan pembersihan solar dan oli mesin yang tumpah dari gerbong-gerbong kereta api naas itu.

Dalam sebuah pernyataan, Norfolk Southern mengatakan tergelincirnya kereta api dengan 11 gerbong itu terjadi di di Jasper pada Sabtu (8/4) malam. Dua anggota awak kereta itu sempat terjebak sebentar di ruang mesin, sebelum akhirnya berhasil dilarikan ke rumah sakit. Keduanya sudah diizinkan pulang.

Kota Jasper berada sekitar 64 kilometer barat laut Birmingham.

“Dalam insiden tergelincir itu, lokomotif terguling ke samping dan menumpahkan bahan bakar diesel dan oli mesin,” tambah pernyataan itu, dan bahwa “awak Norfolk Southern telah merespon dan bekerja sepanjang malam untuk melakukan pembersihan, dan semua gerbong telah dipindahkan dari lintasan tersebut.”

Insiden tergelincirnya kereta api di Alabama itu terjadi hanya beberapa minggu setelah beberapa gerbong kereta api Norfolk Southern keluar jalur pada 9 Maret lalu di daerah pedesaan Calhoun County, Alabama, di timur laut Birmingham.

CEO Norfolk Southern pada bulan lalu meminta maaf di hadapan Kongres dan menjanjikan jutaan dolar untuk membantu wilayah East Palestine, di negara bagian Ohio, setelah kereta api milik perusahaan tersebut tergelincir pada 3 Februari lalu yang menumpahkan bahan kimia berbahaya ke anak sungai dan sungai-sungai di sekitar lokasi.

Pemerintah federal pada 30 Maret lalu telah mengajukan gugatan hukum terhadap Norfolk Southern atas kerusakan yang ditimbulkan dalam insiden di Ohio.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat (NTSB) pada bulan Maret lalu mengatakan akan mulai mengkaji sistem keselamatan yang diterapkan Norfolk Southern, penyelidikan pertama dalam industri kereta api sejak tahun 2014. NTSB mengatakan telah mengirim tim investigasi untuk menyelidiki lima kecelakaan signifikan yang melibatkan perusahaan itu sejak Desember 2021. [em/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG