Tautan-tautan Akses

Pangeran Harry, Andrew Duduk di Baris Ketiga saat Penobatan Raja Charles 


Pangeran Harry dan pamannya, Pangeran Andrew, meninggalkan Westminster Abbey usai upacara penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla di London, Sabtu, 6 Mei 2023. (Foto: Toby Melville/Pool via AP)
Pangeran Harry dan pamannya, Pangeran Andrew, meninggalkan Westminster Abbey usai upacara penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla di London, Sabtu, 6 Mei 2023. (Foto: Toby Melville/Pool via AP)

Pangeran Harry dan Andrew menghadiri penobatan Raja Charles III, tetapi ditempatkan di baris ketiga tempat duduk keluarga kerajaan. Mereka tidak bergabung dengan keluarga kerajaan lainnya untuk menyapa rakyat di balkon Istana Buckingham pada Sabtu (6/5) malam.

Putra bungsu Charles itu dan istrinya yang berkebangsaan Amerika, Meghan, memutuskan untuk mundur dari tugas kerajaan pada 2020 dan sejak itu mereka kerap melancarkan serangan terhadap monarki.

Andrew, adik laki-laki, telah lama dibebastugaskan karena hubungan masa lalunya dengan mendiang pemodal asal AS Jeffrey Epstein. Ia juga dituduh melakukan pelecehan seksual yang diselesaikan di luar pengadilan.

Harry (38 tahun) yang bergelar Duke of Sussex dan Andrew (63 tahun) yang bergelar Duke of York duduk barisan kerajaan saat sesi penobatan di Westminster Abbey London, meski tanpa peran formal.

Andrew diantar dengan menggunakan mobil negara dari Istana Buckingham ke Westminster Abbey. Sebagian pengunjung dari kerumunan masyarakat di tribun depan istana melontarkan cemoohan saat dia lewat.

Harry dan Andrew masuk ke Westminster Abbey bersama anggota keluarga Windsor lainnya.

Acara penobatan ayahnya adalah kemunculan pertama kali Harry sejak dia melontarkan kritikan tajam kepada keluarga kerajaan lewat buku memoarnya baru-baru ini, "Spare" dan dalam serangkaian wawancara televisi.

Meghan tetap tinggal di California bersama anak-anak mereka yang masih kecil, sehingga bisa menghindari suasana canggung dengan mertuanya

Senyuman

Harry, yang mantan kapten Angkatan Darat, mengenakan setelan pagi lengkap dengan dengan medalinya, sedangkan Andrew mengenakan jubah kesatriaan kerajaan.

Keduanya pernah ikut bertugas di medan perang. Harry pernah bertugas di Afghanistan, sementara Andrew pernah menerbangkan helikopter Angkatan Laut Kerajaan dalam Perang Falklands atau dikenal dengan Perang Malvinas pada 1982.

Baik Harry dan Andrew terlihat tersenyum ketika mereka berjalan melewati biara menuju tempat duduk mereka.

Mereka berdua duduk di baris ketiga, yang tidak mencerminkan urutan mereka dalam garis suksesi takhta.

Harry berada di urutan kelima, mengikuti saudara laki-lakinya Pangeran William dan tiga anak William -- Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis dari Wales.

Andrew berada di urutan kedelapan, setelah Harry dan anak-anaknya -- Pangeran Archie dan Putri Lilibet dari Sussex.

Andrew duduk di ujung barisan di sebelah Beatrice. Harry duduk di sebelah Jack Brooksbank, suami putri bungsu Andrew, Putri Eugenie. Eugenie mungkin adalah kerabat yang punya hubungan paling dekat dengan Harry.

Absen Muncul di Balkon

Andrew dan Harry absen dari prosesi arak-arakan kembali ke Istana Buckingham usai upacara. Harry terlihat masuk ke mobil usai upacara dan meninggalkan gereja.

Harry tampak terburu-buru kembali ke California untuk merayakan ulang tahun keempat putranya, Archie.

Baik dia maupun Andrew tidak muncul bersama keluarga kerajaan di balkon Istana Buckingham setelah upacara penobatan. [ah/ft]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG