Tautan-tautan Akses

Partai Konservatif Inggris Lakukan Pemungutan Suara Pertama untuk Tentukan Pengganti PM Johnson


Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbicara di hadapan anggota parlemen Inggris di London, pada 13 Juli 2022. (Foto: UK Parliament via AP/Andy Bailey)
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbicara di hadapan anggota parlemen Inggris di London, pada 13 Juli 2022. (Foto: UK Parliament via AP/Andy Bailey)

Para anggota parlemen Inggris, House of Commons, dari Partai Konservatif, pada Rabu (13/7), mengadakan putaran pertama pemilihan guna mencari pengganti Perdana Menteri Boris Johnson.

Delapan kandidat telah berhasil meraih dukungan dari 20 rekan mereka agar bisa lolos ke dalam pemilihan putaran pertama ini. Jika diperlukan, pemungutan suara berikutnya akan berlangsung pada Kamis (14/7) serta minggu depan.

Pemilihan tersebut akan dilakukan hingga menyisakan dua orang kandidat. Nantinya, kedua kandidat tersebut akan bertarung memperebutkan suara seluruh anggota Partai Konservatif di Inggris yang berjumlah 180.000 anggota. Pemenangnya dijadwalkan akan diumumkan pada 5 September mendatang dan akan segera menjabat sebagai perdana menteri.

Beberapa kandidat terkemuka muncul dalam putaran pertama pada pemilihan tersebut, termasuk mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak, yang merupakan calon favorit yang sudah memiliki basis dukungan yang kuat. Kandidat lainnya adalah Menteri Luar Negeri Liz Truss dan Menteri Perdagangan Penny Mordaunt.

Perdana Menteri Boris Johnson mundur sebagai pemimpin Partai Konservatif pada minggu lalu ditengah berbagai macam skandal yang melilitnya dalam beberapa bulan terakhir. Ia mengatakan dirinya tetap akan menjabat sampai penggantinya terpilih. [jm/my]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG