Tautan-tautan Akses

PBB: Serangan terhadap Pelabuhan Yaman Ancaman Warga Sipil


Para pekerja memeriksa kerusakan di lokasi yang terdampak serangan udara di pelabuhan Hodeida, Yaman, 27 Mei 2018. (Foto: dok).
Para pekerja memeriksa kerusakan di lokasi yang terdampak serangan udara di pelabuhan Hodeida, Yaman, 27 Mei 2018. (Foto: dok).

PBB memperingatkan bahwa serangan militer atau pengepungan oleh pasukan pro-pemerintah Yaman yang dibantu koalisi pimpinan Saudi dukungan Amerika, terhadap kota pelabuhan Hodeida akan berdampak bagi ratusan ribu warga sipil tak berdosa.

Koordinator Bantuan Kemanusiaan PBB untuk Yaman, Lise Grande, Jumat (8/6) mengatakan, berbagai organisasi kemanusiaan di Yaman takut, jika ini berlangsung berkepanjangan, ada sekitar 250 ribu orang yang mungkin akan kehilangan semuanya, termasuk nyawa mereka, di Hodeida dan sekitarnya.

PBB dan mitra-mitranya memperkirakan sekitar 600 ribu warga sipil sekarang ini tinggal di Hodeida dan sekitarnya.

Pasukan pemerintah terus berusaha merebut Hodeida, yang merupakan tempat penting bagi kebanyakan warga Yaman untuk mendapatkan bahan makanan dan obat-obatan.

Perang saudara di Yaman berkecamuk sejak Maret 2015 antara pemberontak Houthi dan pasukan pemerintah yang didukung koalisi pimpinan Saudi. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG