Tautan-tautan Akses

Pejabat: Hujan Lebat di Afghanistan Tengah, 50 Tewas


Seorang anak laki-laki berjalan melewati jalan yang terendam banjir di Sheikh Jalal, Provinsi Baghlan, Afghanistan, 12 Mei 2024. (Foto: Sayed Hassib/Reuters/Arsip)
Seorang anak laki-laki berjalan melewati jalan yang terendam banjir di Sheikh Jalal, Provinsi Baghlan, Afghanistan, 12 Mei 2024. (Foto: Sayed Hassib/Reuters/Arsip)

Seorang pejabat mengatakan, Sabtu (18/5), setidaknya 50 orang tewas menyusul guyuran hujan lebat dan banjir di Afghanistan Tengah.

Mawlawi Abdul Hai Zaeem, kepala departemen informasi untuk Provinsi Ghor tengah, mengatakan kepada Reuters, bahwa belum ada informasi mengenai berapa banyak orang yang terluka akibat hujan lebat yang mulai mengguyur pada Jumat (17/5). Hujan juga memutus banyak jalan utama ke wilayah tersebut.

Zaem menambahkan bahwa 2.000 rumah hancur total; 4.000 rusak sebagian, dan lebih dari 2.000 toko terendam banjir di Kota Feroz-Koh, ibu kota provinsi tersebut

Pekan lalu, banjir bandang yang disebabkan oleh hujan lebat menghancurkan desa-desa di Afghanistan utara, menewaskan 315 orang dan melukai lebih dari 1.600 orang, kata pihak berwenang pada Minggu.

Pada Rabu (15/5), sebuah helikopter yang digunakan oleh angkatan udara Afghanistan jatuh karena "masalah teknis" saat berupaya untuk mengevakuasi jenazah orang-orang yang jatuh ke sungai di provinsi Ghor. Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan kecelakaan itu menewaskan satu orang dan melukai 12 orang.

Afghanistan rentan terhadap bencana alam dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menganggapnya sebagai salah satu negara yang paling rentan terhadap perubahan iklim. [ft/ah]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG