Tautan-tautan Akses

Pejabat Kesehatan: Vaksinasi Covid-19 di AS Lamban


Para tenaga kesehatan menerima suntikan vaksin Covid-19 di Ritchie Valens Recreation Center, di Pacoima, California, 13 Januari 2021.
Para tenaga kesehatan menerima suntikan vaksin Covid-19 di Ritchie Valens Recreation Center, di Pacoima, California, 13 Januari 2021.

Para pejabat kesehatan baru dalam pemerintahan Presiden Joe Biden mengatakan, Minggu (24/1), upaya pemerintah AS untuk memvaksinasi jutaan warga AS melawan pandemi virus corona berjalan lambat. Namun, mereka berharap kampanye untuk mencegah virus akan meningkat dalam tiga bulan.

“Pesawat dalam keadaan menukik dan kita harus menariknya ke atas," kata Xavier Becerra, pejabat yang diangkat Biden sebagai Menteri Kesehatan kepada CNN.

"(Kebijakan) yang diwariskan kepada kami tidak berhasil, dan kini kami harus memperbaikinya," kata Becerra.

Dia mengatakan masalah-masalahnya tidak akan bisa diperbaiki dengan cepat, tapi "kami bisa bekerja lebih baik... kami bisa memulihkan situasi menjadi normal."

Sebelum meninggalkan jabatannya pekan lalu, Presiden Donald Trump memuji upaya pemerintahannya untuk mengatasi pandemi.

Biden menargetkan untuk memberikan 100 juta suntikan vaksin dalam 100 hari pertamanya menjabat. Pekan lalu, dia menandatangani perintah untuk meningkatkan dosis dua vaksin yang telah disetujui untuk digunakan dan meningkatkan produksi perangkat medis yang diperlukan untuk merawat mereka yang terjangkit Covid-19.

Menurut Universitas Johns Hopkins, Amerika Serikat mencatat 25 juta orang terinfeksi virus corona dan lebih dari 417 ribu orang meninggal. Keduanya adalah jumlah paling banyak di seluruh dunia. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG