Tautan-tautan Akses

Pelaku Propaganda Rusia Sebarkan Berita Palsu terkait Pembelian Mobil Hitler oleh Zelenskyy


Tangkapan layar dari situs Seattle Tribune yang menyebarkan berita palsu terkait pembelian mobil Hitler oleh Presiden Ukraian Volodymyr Zelenskyy. (Foto: Tangkapan layar)
Tangkapan layar dari situs Seattle Tribune yang menyebarkan berita palsu terkait pembelian mobil Hitler oleh Presiden Ukraian Volodymyr Zelenskyy. (Foto: Tangkapan layar)

Artikel yang terbit situs Seattle Tribune tampil mencengangkan dengan menampilkan tiga hal bombastis: Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Adolf Hitler, dan mobil klasik bernilai $15 juta. Tidak mengherankan, berita itu menyebar dengan cepat ke seluruh Rusia dan media pro-Kremlin.

Namun topik tersebut cukup aneh untuk tampil di sebuah situs berita di sebuah kota di Amerika Serikat; kantor berita seperti itu biasanya hanya meliput berita-berita lokal.

Faktanya, artikel dengan judul “Mobil parade Hitler dibeli oleh Presiden Ukraina Zelensky” lagi-lagi adalah artikel palsu yang disebarkan oleh propaganda Rusia.

Situs berita Seattle Tribune bukanlah kantor berita nyata. Itu hanyalah situs web yang menyamar menjadi media penerbitan. Artikel itu sendiri merupakan kumpulan dari disinformasi Rusia yang “paling laku” mengenai Ukraina, mencakup hal seperti “Nazisme”, “korupsi yang tidak terkendali”, dan “membuang-buang bantuan Amerika.”

Menurut artikel palsu tersebut, Zelenskyy terlihat berada di Kyiv, keluar dari mobil Mercedes-Benz 770K Grosser Offener Tourenwagen, mobil parade yang dipakai Adolf Hitler. Apa yang tampak pada foto itu terjadi hanya beberapa hari setelah pemimpin Ukraina itu kembali dari Washington, dan pemerintah AS memberi paket bantuan senilai $8 miliar untuk negaranya.

Artikel itu menampilkan potongan gambar dari sebuah postingan yang diunggah oleh sebuah saluran di akun Telegram, Realna Viyna ("Perang Nyata" dalam bahasa Ukraina). Unggahan tersebut menampilkan foto dari sebuah kendaraan yang terparkir di depan gedung pemerintahan presiden Ukraina di Kyiv.

Namun, selain situs berita Seattle Tribune yang sebenarnya tidak ada, artikel itu memiliki beberapa kejanggalan mencolok lainnya.

Pertama, Realna Viyna tidak memuat postingan yang ditunjukkan di dalam gambar tangkapan layar itu. Kedua, gambar "mobil Hitler" dicuri dari foto lain yang banyak tersedia di internet yang kemudian diedit secara digital dengan latar belakang gedung pemerintahan presiden Ukraina.

VOA mendapati bahwa sudut pengambilan foto dalam potongan gambar tersebut, sebuah titik hitam di aspal di bawah papan pijakan mobil, dan pantulan di kaca depan benar-benar sesuai dengan gambar Mercedes-Benz 770K yang banyak tersebar di internet.

Ketiga, situs Seattle Tribune terdaftar pada 3 Oktober 2024, hanya enam hari sebelum artikel palsu itu diterbitkan. Dan masa pendaftarannya ditetapkan hanya untuk satu tahun.

Seattle Tribune tampaknya milik jaringan situs disinformasi yang dikendalikan oleh John Mark Dougan, warga Amerika Serikat yang tinggal di Rusia, menurut Shayan Sardarizadeh, seorang wartawan BBC yang bertugas memeriksa fakta dan membantah disinformasi. [ps/ka]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG