Tautan-tautan Akses

Pemadaman Internet Landa Pantai Timur AS


Layanan internet Verizon di Amerika Serikat. (Foto: AFP)
Layanan internet Verizon di Amerika Serikat. (Foto: AFP)

Para pengguna internet di AS timur laut, Selasa (26/1), melaporkan pemadaman luas internet.

Dalam pernyataan melalui surel, 90 menit setelah pemadaman pertama dilaporkan, Verizon mengatakan sedang mengatasi masalah yang melanda layanan Fios di seluruh kawasan AS timur laut dan sebagian layanan sudah dipulihkan.

Situs Downdetector.com, platform sumber luas yang melacak masalah-masalah layanan internet mulai melihat peningkatan laporan pada Selasa (26/1) pagi.

“Diawali dengan pemadaman layanan Verizon, tapi dengan cepat kami menyaksikan juga pemadaman itu menyebar pada layanan-layanan lain yang terkait," kata Travis Wright pimpinan perusahaan Products of Ookla, yang mengelola Downdetector, kepada kantor berita Associated Press.

Raksasa telekomunikasi itu sebelumnya melalui Twitter melaporkan adanya serat terputus di Brooklyn, meskipun belum jelas apakah masalah tersebut penyebab pemadaman itu.

Verizon dalam surelnya tidak memberi perkiraan kapan masalah itu akan bisa diatasi dan tidak menjawab pertanyaan mengenai penyebab masalah tersebut.

Orang-orang mencuit di Twitter melaporkan masalah koneksi dengan berbagai layanan online di wilayah mulai dari Washington sampai Boston.

Pemadaman itu berimbas pada internet dan penyedia layanan cloud serta situs-situs besar seperti Google dan Facebook. Amazon yang divisi layanan-layanan webnya menjadi sumber berbagai layanan online mengindikasikan jaringannya bukan penyebab dari masalah itu. [my/pp]

XS
SM
MD
LG