Tautan-tautan Akses

Pemantau HAM: Lebih dari 500 Orang Tewas Sejak Protes di Iran Dimulai


Peringatan untuk Mahsa Amini , yang meninggal dalam tahanan polisi moral Iran, di Los Angeles, 29 September 2022. (RINGO CHIU / AFP)
Peringatan untuk Mahsa Amini , yang meninggal dalam tahanan polisi moral Iran, di Los Angeles, 29 September 2022. (RINGO CHIU / AFP)

Sedikitnya 500 orang tewas di Iran sejak protes di sana dimulai pada pertengahan September lalu, menurut pemantau HAM yang berbasis di AS, Human Rights Activists News Agency, HRANA.

Organisasi itu mengatakan mereka yang tewas di antaranya 69 orang berusia di bawah 18, dan pihak berwenang telah menangkap lebih dari 18.400 orang.

Protes berlanjut hari Minggu dengan para anggota serikat pekerja ambil bagian dalam demonstrasi, termasuk para petugas pemadam kebakaran dan pekerja di sebuah perusahaan semen di Tabriz.

Para pembuat film berkumpul di depan penjara Evin, Teheran, untuk memprotes penangkapan aktris Taraneh Alidoosti, yang menyatakan dukungan terhadap protes dan memposting fotonya yang membawa poster dengan tulisan slogan , “Perempuan, Hidup, Kebebasan.”

Protes dimulai sebagai tanggapan atas kematian Mahsa Amini dalam tahanan polisi. Perempuan berusia 22 tahun itu ditahan karena melanggar aturan berpakaian yang ketat di Iran. Demonstrasi juga mencakup keluhan antipemerintah yang lebih luas. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG