Tautan-tautan Akses

Pembuat Fortnite akan Bayar $520 Juta untuk Pelanggaran Privasi dan e-Niaga


Seorang kontestan berkompetisi selama lomba Fortnite di New York, AS (foto: dok).
Seorang kontestan berkompetisi selama lomba Fortnite di New York, AS (foto: dok).

Fortnite akan membayar $520 juta untuk denda dan pengembalian uang. Pembuat video game yang populer itu membayar ganti rugi sejumlah itu untuk menyelesaikan keluhan seputar privasi anak-anak dan metode pembayarannya yang menipu pemain untuk melakukan pembelian yang tidak diinginkan, kata regulator federal Amerika, Senin (19/12).

Komisi Perdagangan Federal mencapai kesepakatan itu untuk menyelesaikan dua kasus melawan Epic Games Inc., yang dalam lima tahun terakhir mengupayakan kesuksesan Fortnite sebagai produsen video game.

Dari $520 juta, $245 juta untuk mengembalikan uang pelanggan, dan $275 juta untuk denda karena mengumpulkan informasi pribadi pemain Fortnite di bawah usia 13 tahun tanpa memberi tahu orang tua atau mendapatkan persetujuan mereka. Itu denda terbesar yang pernah dikenakan karena melanggar aturan FTC.

Bahkan sebelum penyelesaian itu diumumkan, Epic mengatakan dalam pernyataan bahwa mereka telah meluncurkan rangkaian perubahan "guna memastikan ekosistem kami memenuhi harapan pemain dan regulator, yang kami harap akan menjadi panduan yang berguna bagi orang lain dalam industri kami." Perusahaan yang terletak di Cary, North Carolina, itu juga menegaskan bahwa mereka tidak lagi melakukan praktik yang dilarang FTC. [ka/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG