Tautan-tautan Akses

Pemerintah Baru Inggris Umumkan UU 'Pembaharuan Nasional' Saat Buka Parlemen


Perdana Menteri Sir Keir Starmer (kiri) dan pemimpin Konservatif Rishi Sunak (kanan) memimpin anggota parlemen melalui Lobi Pusat di Istana Westminster menjelang Pembukaan Parlemen Negara di London, Rabu, 17 Juli 2024. (Dan Kitwood/POOL via AP)
Perdana Menteri Sir Keir Starmer (kiri) dan pemimpin Konservatif Rishi Sunak (kanan) memimpin anggota parlemen melalui Lobi Pusat di Istana Westminster menjelang Pembukaan Parlemen Negara di London, Rabu, 17 Juli 2024. (Dan Kitwood/POOL via AP)

Pemerintahan baru Partai Buruh Inggris berjanji untuk menenangkan politik yang memanas dan meringankan krisis biaya hidup di Inggris dengan mengumumkan rencana "pembaruan nasional" pada Pembukaan Parlemen pada hari Rabu (17/7.

Menstabilkan keuangan publik Inggris dan memacu pertumbuhan ekonomi merupakan pusat dari agenda legislatif Perdana Menteri Keir Starmer, yang diumumkan dalam sebuah pidato yang disampaikan oleh Raja Charles III.

"Pemerintah saya akan mencari kemitraan baru dengan para pelaku bisnis dan pekerja dan membantu negara ini beranjak dari tantangan biaya hidup baru-baru ini dengan memprioritaskan penciptaan kesejahteraan bagi semua masyarakat," kata raja dalam pidatonya di hadapan ratusan anggota parlemen dan anggota House of Lords (Majelis Tinggi Parlemen) yang mengenakan jubah merah.

Starmer berkampanye dengan janji akan membawa perubahan besar bagi Inggris dengan biaya yang tidak terlalu membebani para pembayar pajak. Dia bertujuan untuk menjadi pro-pekerja dan pro-bisnis, mendukung proyek-proyek konstruksi baru yang luas dan melindungi lingkungan. Risikonya, dia mungkin tidak akan menyenangkan siapa pun.

Dalam sebuah pengantar tertulis untuk pidatonya, Starmer meminta kesabaran, dengan mengatakan bahwa perubahan akan membutuhkan "tekad yang kuat, kerja yang tekun, dan solusi yang serius" dan bukan jawaban yang mudah dan "hanya memberi harapan palsu."

Raja Charles III dan Ratu Camilla yang mengenakan Mahkota Berlian meninggalkan Gedung Parlemen, Menara Victoria melalui Pintu Masuk Penguasa setelah Pembukaan Parlemen Inggris di London, Rabu, 17 Juli 2024. (Chris Jackson/POOL via AP)
Raja Charles III dan Ratu Camilla yang mengenakan Mahkota Berlian meninggalkan Gedung Parlemen, Menara Victoria melalui Pintu Masuk Penguasa setelah Pembukaan Parlemen Inggris di London, Rabu, 17 Juli 2024. (Chris Jackson/POOL via AP)

Pidato Raja adalah inti dari Pembukaan Pemerintahan, sebuah acara di mana kemegahan kerajaan bertemu dengan politik yang keras, saat raja mengenakan mahkota bertabur berlian, duduk di atas singgasana berlapis emas, dan mengumumkan undang-undang yang akan disahkan oleh pemerintahnya di tahun mendatang.

Partai Buruh memenangkan kemenangan besar dalam pemilihan umum pada tanggal 4 Juli karena para pemilih berpaling dari Partai Konservatif setelah bertahun-tahun mengalami inflasi yang tinggi, skandal etika, dan pergantian perdana menteri.

Starmer telah berjanji untuk memperbaiki infrastruktur negara yang sudah tua dan layanan publik yang sudah usang, namun mengatakan bahwa ia tidak akan menaikkan pajak pribadi dan bersikeras bahwa perubahan harus diatur oleh "peraturan fiskal yang tidak bisa dilanggar."

Pidato hari Rabu itu mencakup 40 rancangan undang-undang - pidato terakhir Partai Konservatif hanya mencakup 21 rancangan undang-undang - mulai dari pembangunan rumah hingga nasionalisasi kereta api Inggris dan dekarbonisasi pasokan listrik negara dengan perusahaan energi ramah lingkungan milik pemerintah, Great British Energy.

Hal ini bertujuan untuk menghindari terulangnya kekacauan yang dipicu pada tahun 2022 oleh Perdana Menteri Liz Truss, yang paket pemotongan pajaknya mengguncang ekonomi Inggris dan mengakhiri masa jabatannya yang singkat.

Pemerintah menjanjikan perlindungan yang lebih kuat bagi para pekerja, dengan melarang beberapa kontrak "nol jam" dan upah minimum yang lebih tinggi bagi banyak karyawan. Pemerintah juga mengumumkan perlindungan bagi para penyewa terhadap perumahan yang buruk, penggusuran tiba-tiba dan tuan tanah yang tidak mengizinkan mereka memiliki hewan peliharaan.

Pemerintah menjanjikan lebih banyak kekuasaan untuk pemerintah daerah dan layanan bus dan kereta api yang lebih baik - kunci untuk "meratakan" ekonomi Inggris yang berpusat di London yang dijanjikan oleh mantan Perdana Menteri Konservatif Boris Johnson namun sebagian besar gagal diwujudkan. Meskipun Starmer menghindari nasionalisasi industri berskala besar, pemerintah berencana untuk mengambil alih operator kereta api yang sering mengalami keterlambatan menjadi kepemilikan publik.

Pidatonya mengatakan bahwa pemerintah "mengakui urgensi tantangan iklim global" - sebuah perubahan kebijakan yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing Inggris dan meningkatkan kualitas hidup.

Pemerintah menjanjikan perlindungan yang lebih kuat bagi para pekerja, dengan melarang beberapa kontrak "nol jam" dan upah minimum yang lebih tinggi bagi banyak karyawan. Pemerintah juga mengumumkan perlindungan bagi para penyewa terhadap perumahan yang buruk, penggusuran tiba-tiba dan tuan tanah yang tidak mengizinkan mereka memiliki hewan peliharaan.

Pemerintah menjanjikan lebih banyak kekuasaan untuk pemerintah daerah dan layanan bus dan kereta api yang lebih baik - kunci untuk "meratakan" ekonomi Inggris yang berpusat di London yang dijanjikan oleh mantan Perdana Menteri Konservatif Boris Johnson namun sebagian besar gagal diwujudkan.

Meskipun Starmer menghindari nasionalisasi industri berskala besar, pemerintah berencana untuk mengambil alih operator kereta api yang sering mengalami keterlambatan menjadi kepemilikan publik.

Pidato tersebut mengatakan bahwa pemerintah "mengakui urgensi tantangan iklim global" - sebuah perubahan sikap dari penekanan pemerintah Konservatif pada eksplorasi minyak dan gas. Selain meningkatkan energi terbarukan, pemerintah juga menjanjikan hukuman yang lebih keras bagi perusahaan air yang membuang limbah ke sungai, danau, dan laut.

Pidato tersebut juga mencakup langkah-langkah baru untuk memperkuat keamanan perbatasan, menciptakan Komando Keamanan Perbatasan yang diperkuat dengan kekuatan kontra-terorisme untuk mengatasi geng penyelundup manusia.

Hal ini mengikuti keputusan Starmer untuk membatalkan rencana Konservatif yang diperdebatkan dan tidak terealisasi untuk mengirim orang-orang yang tiba di Inggris menyeberangi Selat Inggris dalam perjalanan satu arah ke Rwanda.

Pidato ini juga membahas masalah yang telah membingungkan pemerintah sebelumnya yaitu reformasi Majelis Tinggi Parlemen.

Majelis Tinggi Parlemen yang tidak dipilih ini diisi oleh hampir 800 anggota - sebagian besar merupakan orang-orang yang ditunjuk secara politis seumur hidup, dengan segelintir hakim, uskup, dan hampir 100 orang bangsawan.

Pemerintah mengatakan akan menghapus kedudukan para bangsawan yang turun-temurun, meskipun tidak disebutkan mengenai usulan Starmer di masa lalu untuk menetapkan usia pensiun para bangsawan di 80 tahun. Tidak disebutkan adanya penurunan usia pemilih dari 18 tahun menjadi 16 tahun, meskipun itu adalah salah satu janji pemilu Partai Buruh.

Meskipun sebagian besar agenda Starmer menandai berakhirnya kebijakan pemerintahan Konservatif mantan Perdana Menteri Rishi Sunak yang kalah, Starmer menghidupkan kembali rencana Sunak untuk menghentikan generasi mendatang dari merokok dengan secara bertahap menaikkan usia minimum untuk membeli tembakau.

Pidato tersebut menegaskan bahwa pemerintah ingin "mengatur ulang hubungan dengan mitra-mitra Eropa" yang terguncang akibat keluarnya Inggris dari Uni Eropa pada tahun 2020.

Ia mengatakan tidak akan ada perubahan pada dukungan kuat Inggris untuk Ukraina dan berjanji untuk "berperan penting dalam memberikan jalan yang jelas bagi Ukraina menuju keanggotaan NATO."

Pidato hari Rabu adalah pidato kedua yang disampaikan oleh Charles sejak kematian ibunya, Ratu Elizabeth II, pada bulan September 2022.

Dia melakukan perjalanan dari Istana Buckingham ke Parlemen dengan kereta kuda - melewati sekelompok kecil pengunjuk rasa anti-monarki dengan tanda-tanda bertuliskan "Turunkan Mahkota" - sebelum mengenakan jubah upacara dan Mahkota Kerajaan untuk menyampaikan pidatonya.

Polisi mengatakan bahwa 10 anggota kelompok aktivis lingkungan ditangkap di dekat Parlemen atas dugaan berencana mengganggu upacara tersebut.

Dengan segala ornamen kerajaannya, ini adalah Pidato Raja formalitas saja. Kata-katanya ditulis oleh pejabat pemerintah, dan raja tidak menunjukkan sedikit pun emosi saat membacakannya.

"Raja tidak memiliki wewenang dalam hal ini," kata Jill Rutter, peneliti senior di lembaga pemikir Institute for Government. [my/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG