Tautan-tautan Akses

Pemerintahan Trump akan Tindak San Francisco Terkait Tunawisma


Tenda-tenda tunawisma di San Francisco, 27 Juni 2019. (Foto: dok).
Tenda-tenda tunawisma di San Francisco, 27 Juni 2019. (Foto: dok).

Presiden AS Donald Trump mengatakan, pemerintahnya akan menyatakan kota San Francisco melanggar peraturan lingkungan terkait populasi tunawismanya.

Berbicara ke wartawan di pesawat kepresidenan Air Force One, Rabu malam (19/9), Trump mengatakan, sampah-sampah pada sistem pembuangan kota itu mengakibatkan polusi besar-besaran yang mengalir ke laut.

"Situasinya sangat buruk di Los Angeles dan San Francisco," katanya. “Kami akan menyatakan San Francisco melakukan pelanggaran total, dan kami akan menyampaikan pemberitahuan ini segera.”

Trump mengatakan, tindakannya itu akan dilakukan melalui Badan Perlindungan Lingkungan AS (BPA) dan akan dilaksanakan dalam waktu sepekan.

Trump mempersoalkan isu tunawisma di kota-kota California, dan menyebut kota-kota seperti San Francisco dan Los Angeles merusak diri mereka sendiri.

Senator Dianne Feinstein,yang mewakili California, mengatakan, Trump benar dalam hal tunawisma sebagai masalah negara bagian itu, namun keliru dalam menjelaskan situasinya. Ia juga mengatakan, tindakan yang digagaskan Trump hanya akan memperburuk situasi.

"Pada kenyataaannya kota-kota di California dan pemerintah negara bagian mencurahkan miliaran dolar dan usaha besar-besaran untuk mengatasi masalah ini. Pemerintah federal dapat membantu usaha itu,” kata Feinstein melalui sebuah pernyataan.

Feinstein menyerukan agar Trump mendukung legislasi yang akan mengabungkan dana yang dialokasikan untuk perumahan dengan layanan kesehatan dan pekerjaan. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG