Tautan-tautan Akses

Penasihat Keamanan Nasional AS akan ke Saudi untuk Dorong Normalisasi dengan Israel


Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan berbicara pada konferensi pers di Gedung Putih di Washington, Senin, 24 April 2023. (Foto: AP/Andrew Harnik)
Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan berbicara pada konferensi pers di Gedung Putih di Washington, Senin, 24 April 2023. (Foto: AP/Andrew Harnik)

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan akan melakukan perjalanan ke Arab Saudi akhir pekan ini untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin Saudi di Riyadh, untuk mengupayakan normalisasi hubungan antara Israel dan Kerajaan Saudi.

Sullivan mengeluarkan pengumuman itu pada Kamis (4/5) malam dalam simposium Soref 2023 yang diadakan di The Washington Institute for Near East Policy, lembaga kajian kebijakan Timur Dekat di Washington, DC.

Sullivan juga mengatakan bahwa wakil-wakil dari India dan Uni Emirat Arab akan datang ke Arab Saudi untuk membahas “bidang-bidang kerja sama baru antara New Delhi dan Teluk serta AS dan seluruh kawasan ini.”

Ia dijadwalkan bertemu dengan sejawatnya dari Uni Emirat Arab dan India di Riyadh.

Sullivan mengatakan, “Kami memiliki kepentingan dan kemampuan untuk mendorong normalisasi antara Israel dan Arab Saudi. Dan faktanya, pemerintahan inilah yang telah menghasilkan langkah-langkah nyata pertama dari kedua negara untuk dapat saling mendekat, bersama-sama dengan pembukaan wilayah udara Arab Saudi untuk penerbangan sipil dari Israel. Tapi pada akhirnya, mencapai normalisasi penuh merupakan kepentingan keamanan nasional yang dinyatakan oleh AS. Kami telah menyatakannya dengan jelas tentang itu.”

Bulan Juni lalu, pemerintahan Presiden Joe Biden memprediksi akan ada penerbangan carter langsung dari Israel ke Arab Saudi untuk keperluan haji.

Muslim dari Israel dan wilayah Palestina sekarang ini mencapai Makkah melalui negara ketiga.

Arab Saudi telah mengizinkan maskapai Israel untuk terbang melewati wilayah udaranya ke Uni Emirat Arab dan Bahrain sejak 2020. [uh/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG