Tautan-tautan Akses

Penembakan di Jalan Raya Kentucky, Pelaku Masih Buron Usai Melukai 7 Orang


Foto yang dirilis oleh Dinas Pemadam Kebakaran menunjukkan lalu lintas dihentikan karena ada penembakan aktif di jalan raya antarnegara bagian di interstate 75 utara London, Kentucky, 7 September 2024. (Foto: Camden Mink/Mount Vernon Fire Department via AP)
Foto yang dirilis oleh Dinas Pemadam Kebakaran menunjukkan lalu lintas dihentikan karena ada penembakan aktif di jalan raya antarnegara bagian di interstate 75 utara London, Kentucky, 7 September 2024. (Foto: Camden Mink/Mount Vernon Fire Department via AP)

Polisi negara bagian Kentucky, Amerika Serikat (AS), menyusuri medan terjal dekat hutan nasional untuk memburu tersangka penembakan di jalan raya antar negara bagian dekat pedesaan, kata para pejabat pada Sabtu (7/9) malam. Sebelumnya, tujuh orang terluka akibat penembakan itu.

Peristiwa itu dimulai tepat sebelum pukul 18.00 waktu setempat (sekitar pukul 05.00 WIB, Minggu, 8 September-red). Penembakan terjadi di sekitar sembilan mil di luar kota London, ketika petugas menanggapi laporan adanya tembakan yang diarahkan ke kendaraan-kendaraan yang melintas di Interstate 75 di Laurel County. Menurut laporan media lokal, tembakan tersebut berasal dari kawasan hutan atau jalan layang.

Wali Kota London, Randall Weddle, mengatakan dalam pernyataan yang diunggak ke Facebook bahwa tujuh orang terluka, termasuk beberapa yang tertembak. Weddle mengatakan tidak ketahui adanya korban jiwa dalam penembakan itu. Polisi tidak memberikan perincian lebih lanjut mengenai jumlah atau sifat korban.

London adalah kota kecil berpenduduk sekitar 8.000 jiwa di dekat Hutan Nasional Daniel Boone, sekitar 90 mil (145 km) selatan Lexington.

Weddle meminta semua orang di area tersebut untuk "mengunci pintu rumah selama saat orang tersebut masih berkeliaran."

Penembakan itu terjadi beberapa hari setelah dua siswa dan dua guru tewas, dan sembilan lainnya terluka, di sebuah sekolah menengah di Winder, Georgia. Seorang siswa berusia 14 tahun dan ayahnya, yang dicurigai memberikan putranya akses terhadap senjata yang digunakan dalam penembakan tersebut, didakwa dalam penembakan tersebut, yang terjadi segera setelah tahun ajaran dibuka.

Sebagian jalan raya dekat penembakan di Kentucky ditutup, tetapi kemudian dibuka kembali meskipun tersangka masih buron.

Sekitar tiga jam setelah penembakan, Kantor Sheriff Laurel County menyebutkan nama "orang yang dicari" yang dikatakan "bersenjata dan berbahaya" dan memperingatkan masyarakat untuk tidak mendekati pria berusia 32 tahun tersebut.

Pihak berwenang mengidentifikasi tersangka sebagai Joseph Couch, 32 tahun, yang dianggap terlibat dalam penembakan yang menyebabkan penutupan Interstate 75 di kedua arah akibat "situasi penembakan aktif."

“Tersangka belum ditangkap saat ini dan kami mendesak masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah,” tulis Trooper Scottie Pennington dari Kepolisian Negara Bagian Kentucky di Facebook.

Gubernur Kentucky, Andy Beshear, meminta masyarakat untuk menghindari area yang telah ditutup.

Agen dari Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api dan Bahan Peledak dipanggil untuk membantu polisi negara bagian dan penegakan hukum setempat, kata agen federal dalam pernyataan yang diunggah di X. Agen federal menyebutnya sebagai "insiden kritis." [ah/ft]

XS
SM
MD
LG