Tautan-tautan Akses

Pengadilan Terhadap Kevin Spacey di London Masuki Hari ke-3


Aktor Kevin Spacey di luar Pengadilan Southwark Crown, London, Inggris, 30 Juni 2023. (REUTERS/Toby Melville)
Aktor Kevin Spacey di luar Pengadilan Southwark Crown, London, Inggris, 30 Juni 2023. (REUTERS/Toby Melville)

Kevin Spacey kembali berada di sebuah pengadilan di London, Jumat (30/6), untuk sidang pelecehan seksual yang sedang berlangsung. Sidang tersebut memasuki hari kedua dan diperkirakan akan berlangsung selama empat pekan.

Spacey, 63, sebelumnya mengaku tidak bersalah atas belasan dakwaan termasuk melakukan pelecehan seksual, serangan seksual dan menyebabkan seseorang melakukan aktivitas seks dengannya tanpa persetujuan. Ia bisa menghadapi hukuman penjara jika terbukti bersalah.

Tuduhan-tuduhan itu melibatkan sejumlah pria. Mereka menuduh aktor peraih dua Oscar ini melakukan tindakan tidak pantas terhadap mereka dalam rentang waktu tahun 2001 hingga tahun 2013, sewaktu Spacey tinggal di Inggris.

Persidangan pada Jumat pagi mendengarkan keterangan jaksa sewaktu secara resmi membuka kasusnya terhadap aktor kawakan itu.

Spacey, yang memenangkan Oscar untuk aktor terbaik dalam "American Beauty" (1999) dan aktor pendukung terbaik dalam "The Usual Suspects" (1995), menghabiskan lebih dari satu dekade bekerja di London sebagai direktur artistik untuk teater Old Vic di ibu kota Inggris itu dari tahun 2004 sampai 2015.

Jaksa Inggris pertama kali mengungkapkan bahwa ia menghadapi sejumlah dakwaan pada Mei 2022. Ketika itu Spacey dituduh melakukan lima pelecehan seksual antara Maret 2005 dan April 2013 -- empat di London dan satu di Gloucestershire di barat Inggris. Para korbannya termasuk seorang pria yang kini berusia 40-an dan dua pria yang kini berusia 30-an.

November lalu, pengadilan yang sama mengesahkan tujuh dakwaan lain yang melibatkan serangan seksual terhadap satu pria antara tahun 2001 dan 2004.

Spacey, yang pernah menjadi salah satu bintang terbesar Hollywood, menghilang dari pandangan publik sejak dituduh melakukan pelecehan seksual enam tahun lalu

Di Amerika Serikat Oktober lalu, Spacey memenangkan kasus pelecehan seksual yang diajukan terhadapnya di pengadilan sipil setelah dewan juri di Manhattan menemukan penuduhnya tidak dapat membuktikan klaimnya bahwa aktor tersebut melakukan pendekatan seksual yang tidak diinginkan padanya ketika ia berusia 14 tahun. [ab/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG