Tautan-tautan Akses

Pengangguran di Zona Euro Capai Tingkat Tertinggi


Warga Yunani di Athena antri untuk memperoleh tunjangan pengangguran (foto: dok). Tingkat pengangguran di zona euro naik menjadi 12,1 persen bulan Maret.
Warga Yunani di Athena antri untuk memperoleh tunjangan pengangguran (foto: dok). Tingkat pengangguran di zona euro naik menjadi 12,1 persen bulan Maret.

Tingkat pengangguran di 17 negara pengguna mata uang euro di Eropa telah mencapai tingkat tertinggi baru, naik menjadi 12,1 persen pada bulan Maret.

Pejabat Eropa mengatakan hari Selasa (30/4) bahwa 19,2 juta orang kini menganggur di zona euro, dengan 62.000 pekerja lainnya di-PHK bulan lalu.

Menurut analis, berita terbaru tentang pasar tenaga kerja zona euro kemungkinan akan meningkatkan tekanan pada Bank Sentral Eropa untuk memangkas suku bunga acuan ketika para pengambil keputusan bertemu akhir pekan ini.

Suku bunga perbankan sudah pada rekor terendah, 0,75 persen, tapi bank itu dapat memotong sampai 0,25 persen dalam upaya untuk mendorong perekonomian yang mandek di benua itu.

Harga konsumen di zona euro naik 1,2 persen dalam setahun ini, tingkat terendah dalam lebih dari tiga tahun dan jauh di bawah target bank sentral untuk menjaga inflasi di bawah 2 persen.

Dengan ekonomi zona euro yang masih lesu, sejumlah pemimpin Eropa menyerukan kebijakan baru yang bertujuan untuk memajukan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi langkah-langkah penghematan anggaran sebagai cara mengatasi krisis utang pemerintah yang sudah berlangsung tiga tahun di benua itu.

Recommended

XS
SM
MD
LG