Tautan-tautan Akses

Penjualan Rumah Baru Bulan Mei di AS Lebih Rendah dari Perkiraan


Penjualan rumah baru selama Mei 2024 di AS lebih lemah dari yang diperkirakan para realtor (foto: ilustrasi).
Penjualan rumah baru selama Mei 2024 di AS lebih lemah dari yang diperkirakan para realtor (foto: ilustrasi).

Penjualan rumah baru di Amerika Serikat lebih lemah dari yang diperkirakan para realtor bulan lalu, demikian menurut data pemerintah yang diterbitkan Rabu, (26/6), karena suku bunga KPR tetap tinggi.

Menurut Departemen Perdagangan AS dalam sebuah pernyataan, penjualan rumah keluarga tunggal baru di bulan Mei mencapai tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sebesar 619.000 unit.

Angka ini mengacu pada jumlah rumah yang terjual selama satu tahun penuh jika penjualan terus berlanjut pada tingkat yang terlihat di bulan Mei.

Angka ini 11,3% di bawah angka revisi bulan April yaitu 698.000, dan juga kurang dari ramalan pasar yaitu 650.000 unit penjualan, menurut data dari Briefing.com.

"Penjualan rumah baru mengejutkan dari sisi penurunannya," tulis ekonom utama Oxford Economics, Nancy Vanden Houten, dalam sebuah catatan untuk para kliennya. Ia juga menambahkan bahwa revisi naik pada bulan-bulan sebelumnya telah menghilangkan "sebagian kekecewaan akibat angka-angka bulan Mei yang lemah."

"Penurunan penjualan rumah baru bulan lalu jauh lebih tajam dibandingkan dengan penurunan yang relatif kecil dari konsensus itu, karena penjualan selama tiga bulan sebelumnya direvisi naik secara signifikan," tulis ekonom senior Pantheon Macroeconomics Oliver Allen dalam sebuah catatan yang diterbitkan Rabu.

Menurut data terbaru dari National Association of Realtors, angka penjualan yang lemah saat ini juga meluas ke penjualan rumah yang sudah ada, yang berada pada tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sebesar 4,11 juta pada bulan lalu,

Penjualan rumah telah dipengaruhi oleh keputusan Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga pinjaman jangka pendek ke level tertinggi dalam 23 tahun terakhir dalam rangka mengatasi inflasi yang tinggi. Kenaikan ini mendongkrak suku bunga pinjaman lainnya dan secara tidak langsung juga mempengaruhi suku bunga hipotek.

KPR dengan suku bunga tetap 30 tahun yang populer berada di bawah 6,9%, menurut perusahaan yang disponsori oleh pemerintah, Freddie Mac, yang membeli dan menjamin KPR yang ada.

Departemen Perdagangan AS mengatakan rata-rata harga penjualan rumah di bulan Mei turun menjadi $417.400. [my/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG