Tautan-tautan Akses

Perdana Menteri Pakistan Bahas Isu Perdagangan dan Energi dengan Putin


Perdana Menteri Pakistan Imran Khan berbicara dalam wawancara bersama Reuters di Islamabad, pada 4 Juni 2021. (Foto: Reuters/Saiyna Bashir)
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan berbicara dalam wawancara bersama Reuters di Islamabad, pada 4 Juni 2021. (Foto: Reuters/Saiyna Bashir)

Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, tiba di Rusia, pada Rabu (23/2) untuk menghadiri pertemuan penting dengan Presiden Vladimir Putin. Para pejabat mengatakan, kedua pihak akan meninjau kembali hubungan bilateral, termasuk kerja sama di bidang energi.

Stasiun televisi PTV milik pemerintah Pakistan menyiarkan langsung kedatangan Khan di bandara di Moskow. Khan disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Igor Morgulov.

"Saya datang di waktu yang penting; banyak sekali yang terjadi," kata perdana menteri itu kepada Morgulov, dalam sambutan awal singkat yang tampaknya merujuk pada situasi yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Khan adalah pemimpin asing pertama yang mengunjungi Moskow sejak Putin mengakui kemerdekaan republik Donetsk dan Luhansk yang memisahkan diri dari Ukraina awal pekan ini di mana Rusia telah mengerahkan pasukannya di sana. Tindakan Rusia itu meningkatkan ketegangan dengan negara-negara Barat dan memicu sanksi internasional terhadap negara itu.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan, pertemuan Putin dengan Khan dijadwalkan berlangsung pada Kamis (24/2).

“Kedua pemimpin berencana membahas isu-isu utama kerja sama bilateral, serta urusan wilayah termasuk perkembangan di Asia Selatan,” kata Peskov. Lawatan itu menandai kunjungan pertama perdana menteri Pakistan ke Rusia sejak 1999. [ps/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG