Tautan-tautan Akses

Peringatan Serah Terima Hong Kong, Pemimpin Umumkan 2 Panda Baru akan Segera Tiba 


Panda raksasa Jia Jia memakan bambu di samping kue ulang tahun yang disiapkan untuknya di Ocean Park, Hong Kong, pada 28 Juli 2015. (Foto: AP/Kin Cheung)
Panda raksasa Jia Jia memakan bambu di samping kue ulang tahun yang disiapkan untuknya di Ocean Park, Hong Kong, pada 28 Juli 2015. (Foto: AP/Kin Cheung)

Hong Kong akan segera menyambut dua panda baru dari daratan China, ungkap Kepala Eksekutif John Lee saat mengumumkan hal tersebut pada Senin (1/7).

Lee berbicara dalam sebuah acara untuk memperingati 27 tahun kembalinya Hong Kong ke China. Itu merupakan acara rutin yang mencakup pengibaran bendera, nyanyian lagu kebangsaan, dan kehadiran pejabat China daratan dan pejabat setempat.

Lee berpidato secara selektif dengan menyebutkan pencapaian pemerintahannya dalam dua tahun pertama kekuasaannya. Pada akhir pidato, dia tiba-tiba mengumumkan sesuatu yang baru – panda.

"Saya mempunyai lebih banyak kabar baik. Hong Kong akan segera menyambut dua anggota keluarga baru: sepasang panda raksasa," ujar Lee.

Selama puluhan tahun, China telah menggunakan panda sebagai tanda hubungan mereka dengan dunia. Hong Kong masih memiliki dua ekor panda, namun mereka sudah menua dan belum menghasilkan anak.

"Saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat [China] atas kepedulian dan dukungannya pada Hong Kong, dan karena telah mempertimbangkan usul saya untuk mengirim sepasang panda raksasa," ujar Lee.

Kedua panda akan tiba di Hong Kong dalam beberapa bulan mendatang. [ka/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG