Tautan-tautan Akses

Perintah Evakuasi Dicabut setelah Kereta Barang Tergelincir di Illinois


Sejumlah gerbong kereta barang tergelincir dari jalur rel di Matteson, Illinois, pada 27 Juni 2024. (Foto: WLS via AP)
Sejumlah gerbong kereta barang tergelincir dari jalur rel di Matteson, Illinois, pada 27 Juni 2024. (Foto: WLS via AP)

Sejumlah pihak berwenang memerintahkan evakuasi singkat setelah sebuah kereta barang tergelincir di pinggiran Kota Chicago pada hari Kamis (27/6).

Kereta Api Nasional Kanada tergelincir di desa Matteson sekitar pukul 10:30 waktu setempat, lapor WGN-TV.

Michael Bacon, Kepala Pemadam Kebakaran Mattison mengatakan kepada wartawan tentang 25 gerbong yang tergelincir. Tidak ada laporan mengenai kebakaran atau korban jiwa meskipun terjadi kebocoran pada satu gerbong berisi residu bahan bakar gas cair.

“Tidak ada bahaya bagi masyarakat, namun pada awalnya perintah evakuasi diberlakukan demi kepentingan terbaik,” kata Bacon.

Gas petroleum cair (LPG) adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan mudah terbakar yang digunakan sebagai bahan bakar peralatan pemanas dan memasak. Menghirup gas tersebut dapat menyebabkan kantuk dan iritasi pernafasan, menurut situs Chemscape. Paparan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan saraf, mimisan, penurunan berat badan, dan kelelahan.

“Ketika bahan kimia tersebut mencapai suhu tertentu, bahan tersebut akan menguap ke udara,” kata Wakil Kepala Pemadam Kebakaran Steve Dejong.

Perusahaan kereta api mengatakan dalam pernyataannya bahwa kebocoran telah diatasi dan perintah evakuasi dicabut kecuali untuk properti yang langsung berdekatan dengan TKP.

Penyebab tergelincirnya kereta api tersebut sedang diselidiki, kata perusahaan itu. [lt/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG