Tautan-tautan Akses

Pertemuan Quad Pekan Depan di Australia Dibatalkan


Perdana Menteri Australia Anthony Albanese berbicara kepada awak media di Canberra, Australia, pada 24 April 2023. (Foto: AAP/Lukas Coch/via Reuters)
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese berbicara kepada awak media di Canberra, Australia, pada 24 April 2023. (Foto: AAP/Lukas Coch/via Reuters)

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengatakan, pertemuan para pemimpin negara anggota Quad, yaitu Jepang, Amerika Serikat, Australia dan India, yang sebelumnya dijadwalkan berlangsung di Sydney pekan depan, akhirnya dibatalkan.

Komentar Albanese itu muncul setelah Presiden Joe Biden mengatakan pada Selasa (16/5), bahwa ia akan mempersingkat lawatannya ke Indo-Pasifik, membatalkan pertemuan di Papua Nugini, yang akan menjadi tonggak bersejarah, serta kunjungan ke Australia untuk pertemuan dengan sesama pemimpin aliansi Quad. Pembatalan tersebut terjadi karena Biden ingin berfokus pada pembicaraan mengenai plafon utang di Washington.

Albanese memahami mengapa Biden membatalkan KTT itu.

"Saya berdiskusi dengan Presiden Biden. Dia sangat kecewa karena tidak bisa datang ke Sydney untuk pertemuan para pemimpin Quad pekan depan. Terdapat kebuntuan dalam politik dalam negeri Amerika Serikat terkait dengan masalah plafon utang. Keempat pemimpin, Presiden Biden, Perdana Menteri Kishida, Perdana Menteri Modi dan saya sendiri, akan berada di pertemuan G7, yang diadakan di Hiroshima pada hari Sabtu (20/5) dan Minggu (21/5). Kami berusaha untuk berkumpul di sela pertemuan tersebut dan saya juga akan melakukan diskusi bilateral dengan Presiden Biden,” ujarnya.

Pembatalan dua dari tiga lawatan ke luar negeri itu merupakan kerugian dalam kebijakan luar negeri bagi pemerintahan yang berfokus lebih besar pada kawasan Pasifik yang menjadi pusat jangkauan globalnya. [ps/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG