Tautan-tautan Akses

Peru Selamatkan Hewan Alpaka dan Lama dari Praktik Selfie Berbayar


Seorang warga bersama rombongan alpaka miliknya berada di San Antonio de Putina, Puno, Peru, pada 11 Juli 2016. (Foto: AP/Rodrigo Abd)
Seorang warga bersama rombongan alpaka miliknya berada di San Antonio de Putina, Puno, Peru, pada 11 Juli 2016. (Foto: AP/Rodrigo Abd)

Pemerintah Peru menyelematkan hewan seperti alpaka dan lama dari jalanan Kota Cusco pada hari Kamis (5/10), sebagai bagian dari upaya untuk menindak ‘pengamen’ selfie hewan yang disebut para pejabat merugikan hewan-hewan tersebut.

Wisatawan kerap membayar sejumlah uang untuk ber-selfie dengan hewan-hewan terkenal negara itu. Namun pemerintah mengatakan, banyak hewan yang dipelihara di bawah terik matahari tanpa makanan dan air.

“(Tujuan operasi ini) untuk mencegah masyarakat mengambil keuntungan dengan mengorbankan hewan, keuntungan yang menggiurkan namun merugikan hewan. Dalam kasus ini kita melihat bahwa hewan-hewan malang ini sering berada di bawah terik matahari tanpa makanan, mereka berada di luar habitat aslinya, dan hal ini jelas menyebabkan penurunan kesehatan, keadaan mereka, dan itu tergolong tindak kejahatan,” ungkap Ivonne Paredes, jaksa pencegahan tindak pidana.

Enam alpaka dan lama, serta empat domba diselamatkan dalam operasi itu.

Pihak berwenang berjanji akan terus memberantas selfie berbayar dengan hewan di Cusco. [rd/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG