Tautan-tautan Akses

Perusahaan Kereta Api India yang Terlibat dalam Kecelakaan Kembali Beroperasi


Warga berkumpul saat tim penyelamat bekerja di lokasi kecelakaan kereta api maut di distrik Balasore, di negara bagian Odisha, India timur, 4 Juni 2023 (foto: dok).
Warga berkumpul saat tim penyelamat bekerja di lokasi kecelakaan kereta api maut di distrik Balasore, di negara bagian Odisha, India timur, 4 Juni 2023 (foto: dok).

Perusahaan kereta api Coromandel Express di India, yang terlibat dalam kecelakaan maut pekan lalu, kembali beroperasi pada hari Rabu (7/6).

Dua kereta penumpang dan satu kereta barang keluar jalur pada Jumat, 2 Juni lalu, menewaskan lebih dari 200 orang dan melukai lebih dari 1.000 orang.

Salah satu dari ketiga kereta melaju dengan kecepatan 126 kilometer per jam, sementara yang lainnya 128 kilometer perjam. Kereta barang yang sedang terparkir mengangkut bijih besi.

Beberapa penumpang kereta pada hari Rabu mengaku merasa sangat takut atas peristiwa itu, sementara yang lain mengaku harus mengesampingkan perasaan mereka untuk naik kereta.

Penyelidikan kecelakaan masih dilakukan. Temuan awal menunjukkan bahwa kegagalan sinyal kemungkinan menjadi penyebab tabrakan.

Tabrakan ketiga kereta itu terjadi di Stasiun Kereta Api Bahanaga Bazar di distrik Balasore, di negara bagian Odisha, di India timur.

Stasiun Bahanaga memiliki jalur ganda yang dialiri listrik dan jalur melingkar (loop) yang berdekatan, yang merupakan jalur samping yang digunakan untuk memarkir kereta.

Tak lama setelah matahari terbenam, sekitar pukul 6.55 waktu setempat, kereta Coromandel Express dan Howrah Superfast Express melaju pada jalur paralel dalam arah yang berlawanan, dan keduanya tidak dijadwalkan berhenti di stasiun itu.

Sementara, kereta barang terparkir di jalur melingkat yang berdekatan.

Kerusakan pada sistem sinyal diduga telah menyebabkan kecelakaan itu.

Rute timur ke selatan Indian Railways merupakan rute yang sibuk, baik bagi kereta penumpang maupun barang. [rd/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG