Tautan-tautan Akses

Petugas Damkar Masih Berupaya Padamkan Kebakaran Hutan Dekat San Fransisco 


Kebakaran yang dikenal dengan sebutal Corral Fire tampak melahap wilayah dekat Tracy, California, pada 2 Juni 2024. (Foto: California Department of Forestry and Fire Protection via AP)
Kebakaran yang dikenal dengan sebutal Corral Fire tampak melahap wilayah dekat Tracy, California, pada 2 Juni 2024. (Foto: California Department of Forestry and Fire Protection via AP)

Petugas pemadam kebakaran California diperkirakan akan memperoleh momentum pada hari Minggu (2/6) dalam mengatasi kebakaran hutan yang disebabkan angin kencang dan telah menghanguskan ribuan hektar lahan seluas sekitar 97 kilometer di sisi timur San Fransisco, yang turut menghanguskan sebuah rumah dan memaksa penduduk untuk mengungsi dari daerah dekat kota Tracy, California bagian tengah.

Kebakaran mulai terjadi pada Sabtu sore (1/6) di perbukitan berumput yang dikelola oleh Lawrence Livermore National Laboratory, salah satu pusat utama studi pengetahuan dan teknologi senjata nuklir Amerika Serikat. Hingga kini penyebab kebakaran masih diselidiki.

Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California mengatakan bahwa pusat penelitian tersebut tidak berada di bawah ancaman langsung kobaran api, yang dijuluki Corral Fire, yang telah melahap area seluas 52 kilometer persegi pada hari Minggu sore dan baru berhasil dipadamkan sekitar 30% dari keseluruhan area tersebut.

Ribuan orang yang tinggal di kawasan tersebut, termasuk sejumlah bagian kota Tracy dengan populasi sebanyak 100.000 orang, diperintahkan untuk pergi ke pusat-pusat evakuasi.

Kepala Batalyon CalFire, Josh Silveira, mengatakan pada hari Minggu sore bahwa api “membakar rumah-rumah” di daerah tersebut dan menghancurkan satu rumah. Silveira mengatakan dirinya tidak menyangka api akan membesar dengan kondisi angin yang lebih tenang dan cuaca yang lebih sejuk pada hari Minggu.

Sementara itu dua petugas pemadam kebakaran mengalami luka bakar ringan hingga sedang pada hari Sabtu dan diharapkan akan pulih sepenuhnya, kata Silveira.

Juru bicara Lawrence Livermore, Paul Rhien, menyatakan kepada kantor berita The Associated Press pada Minggu pagi bahwa kebakaran itu tidak menimbulkan ancaman terhadap fasilitas atau operasi laboratorium, dan telah menjauh dari lokasi tersebut.

“Sebagai tindakan pencegahan, kami telah mengaktifkan pusat operasi darurat kami untuk memantau situasi sepanjang akhir pekan,” kata Rhien.

Foto-foto menunjukkan dinding api bergerak di atas lanskap yang kering dan asap hitam tampak mengepul ke langit.

Kebakaran hutan juga memaksa penutupan dua jalan raya utama, termasuk jalan raya antar negara bagian yang menghubungkan San Fransisco Bay Area ke San Joaquin County di California tengah, namun jalan raya tersebut telah dibuka kembali pada Minggu sore.

Kantor Layanan Darurat San Joaquin County mengeluarkan perintah evakuasi untuk daerah di sebelah barat California Aqueduct, sebelah selatan Corral Hollow Creek, sebelah barat ke Alameda County, dan sebelah selatan ke Stanislaus County. Titik evakuasi sementara didirikan di Larch Clover Community Center di Tracy. Perintah itu masih berlaku hingga Minggu sore.

Suhu tertinggi di Tracy pada hari Minggu diperkirakan mencapai 29 derajat Celcius, tanpa hujan, namun kondisi yang lebih panas akan segera terjadi.

Layanan Cuaca Nasional mengatakan “kondisi yang sangat panas” dengan suhu tertinggi antara 39 hingga 42 derajat Celcius diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan ini di Lembah San Joaquin, sebuah wilayah yang mencakup Tracy.

Menurut ahli meteorologi Idamis Shoemaker dari layanan cuaca di Sacramento, hembusan angin mencapai kecepatan hingga 72 kilometer per jam dan menghantam wilayah tersebut pada Sabtu malam (1/6). [th/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG