Tautan-tautan Akses

PM Thailand Tak akan Intervensi Penyelidikan soal Unjuk Rasa


PM Abhisit Vejjajiva berjanji tak akan mencampuri investigasi independen soal penumpasan protes oleh militer yang diperintahkannya.

Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva mengatakan ia tidak akan mencampuri investigasi independen mengenai penumpasan oleh militer, yang diperintahkannya terhadap unjuk rasa oposisi Kaos Merah di Bangkok.

Media pemerintah Thailand pada hari Selasa mengutip perkataan Abhisit bahwa pemerintah sedang mencari ketua investigasi tersebut, dan diduga akan segera dilansir.

Katanya, siapa saja yang bakal duduk di panel penyelidikan akan lebih jelas setelah parlemen Thailand mengakhiri debat pada hari Selasa, mengenai mosi tidak percaya yang diajukan pihak oposisi.

Partai oposisi Puea Thai menuduh Abhisit melakukan pelanggaran HAM, karena mengirim tentara untuk menembaki para demonstran Kaos Merah yang menduduki pusat perdagangan Bangkok.

Pemerintahan Abhisit membubarkan rapat umum yang sudah berlangsung dua bulan dengan menggerebek perkemahan Kaos Merah pada tanggal 19 Mei. Bentrokan antara pasukan Thailand dan militan Kaos Merah menewaskan 89 orang dan melukai sekitar 1.800 lainnya selama masa protes itu.

XS
SM
MD
LG