Tautan-tautan Akses

Polandia Berencana Membeli Rudal Jarak Jauh AS Senilai 677 Juta Euro


Rudal Kunci Udara-ke-Permukaan Gabungan (JASSM) ditembakkan oleh jet tempur milik Angkatan Udara AS dalam sebuah latihan. (Foto: AFP/US Air Force)
Rudal Kunci Udara-ke-Permukaan Gabungan (JASSM) ditembakkan oleh jet tempur milik Angkatan Udara AS dalam sebuah latihan. (Foto: AFP/US Air Force)

Polandia berencana membeli rudal jarak jauh senilai 677 juta Euro atau US$735 juta dari Amerika Serikat untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya, guna menangkal potensi ancaman Rusia, ungkap pemerintah negara Eropa tersebut pada Senin (27/5).

Kontrak itu, yang rencananya secara resmi akan ditandatangani pada Selasa (28/5), adalah bagian dari upaya modernisasi angkatan bersenjata Polandia. Upaya itu dipercepat karena invasi Rusia ke Ukraina yang masih berlangsung sampai saat ini.

“Perang di Ukraina telah menunjukkan pentingnya kemampuan untuk menembakkan rudal pada target yang bahkan jauh dari garis depan, dan jangkauan rudal yang dibeli adalah sekitar 1.000 kilometer,” kata Kementerian Pertahanan Polandia.

Rusal yang disebut sebagai Rudal Kunci Udara-ke-Permukaan Gabungan (JASSM), akan dikirimkan antara tahun 2026 hingga 2030, tambah kementerian itu.

Polandia telah memiliki rudal JASSM dengan jarak jangkauan 370 kilometer, yang digunakan oleh pesawat terbang tempur multi peran F-16 produksi AS.

Polandia telah meningkatkan anggaran belanja mereka menjadi sekitar 4 persen dari Produk Domestik Bruto, yang merupakan angka tertinggi di antara negara-negara anggota NATO.

Negara itu juga meluncurkan serangkaian pembelian peralatan militer senilai miliaran dolar, terutama dari AS dan Korea Selatan. [ns/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG