Tautan-tautan Akses

Presiden Biden dan Wapres Harris Kunjungi Daerah yang Diamuk Badai Helene 


Presiden AS Joe Biden menyapa Wali Kota Asheville, Esther Manheimer, saat berkunjung ke North Carolina pada 2 Oktober 2024 untuk melihat dampak badai Helene pada wilayah tersebut. (Foto: Reuters/Evelyn Hockstein)
Presiden AS Joe Biden menyapa Wali Kota Asheville, Esther Manheimer, saat berkunjung ke North Carolina pada 2 Oktober 2024 untuk melihat dampak badai Helene pada wilayah tersebut. (Foto: Reuters/Evelyn Hockstein)

Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris pada Rabu (2/10) menyaksikan langsung kerusakan hebat yang diakibatkan oleh Badai Helene, sementara ribuan petugas diterjunkan dalam upaya penuh untuk menyelamatkan warga dan membantu jutaan orang yang terkena dampak badai.

Biden terbang ke negara bagian North Carolina dan South Carolina, sementara Harris menuju Georgia, setelah pesaing Harris dalam pilpres mendatang, Donald Trump, berusaha menjadikan upaya keduanya dalam menangani bencana alam tersebut sebagai bahan kampanye.

Biden tiba di South Carolina dan menyapa para pejabat yang memberinya pengarahan tentang upaya penyelamatan dan pemulihan yang meluas, yaitu sebuah operasi yang melibatkan lebih dari 10.000 pegawai federal, petugas gawat darurat dan personel Garda Nasional di seluruh sisi tenggara AS, setelah badai dahsyat itu menewaskan sedikitnya 159 orang di enam negara bagian.

Ia kemudian terbang dengan menggunakan helikopter ke Kota Asheville, North Carolina yang dilanda banjir, di mana kehancuran tampak dari ketinggian, termasuk sejumlah jembatan yang roboh, danau yang dipenuhi puing-puing, bangunan yang hancur dan jalanan yang hanyut.

Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Alejandro Mayorkas, yang mendampingi Biden, menggambarkan Helene sebagai badai dengan “kekuatan bersejarah” yang membawa banjir dahsyat ke berbagai kota dan desa-desa di pegunungan terpencil.

“Ada kota-kota yang benar-benar lenyap,” ungkapnya. “Ini adalah (proyek) pemulihan bernilai miliran dolar dan memakan waktu bertahun-tahun.”

Harris, yang menggantikan Biden sebagai calon presiden dari Partai Demokrat, terbang secara terpisah ke negara bagian Georgia di sisi selatan AS, yang juga terdampak parah.

Ia mengunjungi pusat operasi di Augusta, di mana ia memuji para petugas gawat darurat dan tanggapan mereka yang berkelanjutan.

Setelahnya, ia menemui warga di daerah Augusta yang dilanda badai. Puing-puing berserakan di sepanjang jalan dan pohon-pohon tumbang, salah satunya menimpa sebuah rumah.

North Carolina dan Georgia adalah dua dari tujuh negara bagian yang penting dalam menentukan hasil pemilu AS. Pemungutan suara awal sudah dimulai di beberapa negara bagian.

Jejak Kehancuran di Tenggara AS Akibat Badai Topan Helene
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:18 0:00

Sementara itu, Gedung Putih mengumumkan bahwa Biden juga akan mengunjungi Florida pada Kamis (3/10), di mana Badai Helene menghantam daratan sebagai badai Kategori 4 pekan lalu. Setelah itu, ia akan mengunjungi Georgia.

Banjir yang dipicu oleh Badai Helene telah menyebabkan kerusakan besar di pegunungan Appalachian, di mana akses menuju kota-kota dan desa-desa terputus.

Di Tennessee, operasi pencarian besar-besaran masih berlangsung di dekat Sungai Nolichucky, di mana aliran air mencapai rekor tertinggi.

“Masih ada orang-orang yang hilang,” kata Gubernur Tennessee Bill Lee dalam konferensi pers. “Kami berada di tengah-tengah situasi yang sangat sulit dan tragis di Tennessee timur.” [rd/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG