Tautan-tautan Akses

Presiden Palang Merah Internasional Kunjungi Gaza


Sejumlah warga Palestina yang terluka dikirim menuju Rumah Sakit Nasser di Khan Younnis, di selatan Jlur Gaza, pada 5 Desember 2023. (Foto: Reuters/Ibraheem Abu Mustafa)
Sejumlah warga Palestina yang terluka dikirim menuju Rumah Sakit Nasser di Khan Younnis, di selatan Jlur Gaza, pada 5 Desember 2023. (Foto: Reuters/Ibraheem Abu Mustafa)

Presiden Palang Merah Internasional (ICRC) melakukan perjalanan ke Gaza, pada Senin (4/12), di mana dia menyerukan lebih banyak perlindungan terhadap warga sipil Gaza.

Presiden Mirjana Spoljaric mengatakan, dia telah mengunjungi Rumah Sakit Eropa di Gaza, di mana dia mengatakan telah melihat anak-anak yang menderita “luka parah.”

“Saya baru saja mengunjungi Rumah Sakit Eropa di Gaza, dan apa yang saya lihat di sana, sungguh di luar batas apapun sehingga tidak seorangpun ada dalam posisi untuk bisa menggambarkannya. Yang paling mengejutkan saya adalah anak-anak yang mengalami luka parah, dan pada saat yang sama kehilangan orang tua mereka tanpa ada yang menjaganya,” kata Spoljaric.

ICRC, sebagai perantara netral, memberikan bantuan ke Gaza dan membantu mengawal sandera dan pasien dari daerah kantong tersebut.

Seberapa Besar Pengaruh Media Sosial pada Perubahan Dukungan ke Israel-Palestina?
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:13 0:00

Spoljaric menyerukan deeskalasi militer dan semua pihak mencari solusi “selain militer.”

“Kita menghadapi situasi di sini yang tidak akan bisa disembuhkan dengan mengirimkan lebih banyak truk. Kita perlu memberikan perlindungan kepada warga sipil di Gaza, kepada perempuan dan anak-anak, kepada orang lanjut usia yang saya lihat hari ini, yang tidak tahu harus pergi kemana.”

Pasukan Israel terus melakukan pemboman udara dan darat di Jalur Gaza selatan, yang menewaskan dan melukai lusinan warga Palestina, meskipun Amerika Serikat dan PBB berulang kali mendesak mereka untuk melindungi warga sipil. [ns/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG