Tautan-tautan Akses

Program Mentoring Bantu Kesehatan Jiwa Pemain Sepak Bola Putri


Salah satu kegiatan Gaining ground di Fremantle, Perth, Australia. (IG/gaininggroundau)
Salah satu kegiatan Gaining ground di Fremantle, Perth, Australia. (IG/gaininggroundau)

Remaja putri di sebuah klub sepak bola Australia mendapat dukungan ekstra bagi kesehatan mental mereka, berkat sebuah program mentoring atau bimbingan. Sewaktu Klub Sepak Bola Kota Fremantle di Perth menyadari beberapa pemainnya berjuang mengatasi masalah kesehatan mereka, klub ini menyiapkan skema bagi para anggota seniornya untuk membantu para pemain bintang junior mereka.

Jarrah SMith-Taylor
Jarrah SMith-Taylor

Bagi Jarrah Smith-Taylor, membantu melatih pemain usia di bawah 14 di klub sepak bolanya bukanlah sekadar meningkatkan keterampilan di lapangan. Ini juga berdampak pada kondisi pemain di luar lapangan.

Smith Taylor mengemukakan, "Saya harus datang latihan sedikit lebih awal dan mereka di sana. Saya bertanya, ‘bagaimana kabar kalian?, bagaimana sekolah kalian, bagaimana keadaan di luar sepak bola?’ Dan mereka dapat berbicara kepada saya mengenai hal-hal itu.”

Ia adalah salah seorang mentor Gaining Ground, program yang memberdayakan perempuan dewasa dan anak-anak melalui olahraga.

Program ini bermula dari krisis kesehatan mental yang melanda Klub Sepak Bola Kota Fremantle, kota di Perth, Australia, pada tahun 2019.

Pendiri Gaining Ground, Kris Marano, mengatakan, "Ada isu kesehatan mental besar ketika itu, spektrumnya mulai dari anoreksia hingga percobaan bunuh diri.”

Klub itu memutuskan perlu melakukan sesuatu untuk membantu para pemain mudanya. Marano menambahkan, para pelatih dan pemain di klub itu, berkumpul bersama dan memulai diskusi terbuka dan terus terang mengenai isu-isu kesehatan mental di klub bersama dengan tim putri dan anak-anak perempuan.

Salah satu kegiatan Gaining ground di Fremantle, Perth, Australia. (IG/gaininggroundau)
Salah satu kegiatan Gaining ground di Fremantle, Perth, Australia. (IG/gaininggroundau)

Berangkat dari sana, perangkat bimbingan Gaining Ground dikembangkan. Para pemain senior dipasangkan dengan para anggota tim yang lebih muda. Marano menambahkan,"Kalau kita memiliki kehadiran perempuan secara berkelanjutan di dalam hidup beberapa pemain junior ini, yang mungkin mengalami hal-hal seperti itu, mungkin ini akan menjadi cara bagi mereka untuk membicarakan hal-hal tersebut dan tidak hanya memendamnya dalam hati mereka.”

Program ini terbukti berhasil meningkatkan kesejahteraan pemain. Meskipun masih terhitung baru, program ini diharapkan akan dapat membantu mengatasi salah satu kesulitan lain dalam olahraga, yaitu membuat pemain tetap kembali bermain di klub.

Program Mentoring Bantu Kesehatan Jiwa Pemain Sepak Bola Putri
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:47 0:00

Mikayla Lyons, pakar olahraga perempuan, menjelaskan,“Saya pikir penting sekali untuk memiliki perasaan komunitas tersebut, untuk mendapatkan dukungan di sekitar mereka, dan sekali lagi seperti yang saya katakan, program bimbingan semacam itu, di mana mereka dapat melihat, anak-anak perempuan ini dapat melihat remaja putri yang lebih tua di dalam ruang tersebut.”

Gaining Ground telah mendaftarkan diri untuk mendapat status badan amal, dan berharap publisitas mengenai Piala Dunia Putri mendatang akan membantu program ini berkembang ke klub-klub lain di Australia Barat.

Marano yakin program ini dapat berkembang lebih jauh, ke setiap klub putri di berbagai penjuru negara itu. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG