Tautan-tautan Akses

Puluhan Kebakaran Baru Melanda Sejumlah Titik di Yunani


Sejumlah turis tampak menunggu jawal keberangkatan pesawat mereka di bandara setelah dievakuasi dari kebakaran yang melanda pulau Rhodes di Yunani, pada 24 Juli 2023. (Foto: reuters/Nicolas Economou)
Sejumlah turis tampak menunggu jawal keberangkatan pesawat mereka di bandara setelah dievakuasi dari kebakaran yang melanda pulau Rhodes di Yunani, pada 24 Juli 2023. (Foto: reuters/Nicolas Economou)

Petugas pemadam kebakaran berjuang sepanjang malam untuk mengatasi 82 titik kebakaran hutan di beberapa lokasi di Yunani. Dari jumlah itu, 64 api mulai berkobar sejak Minggu (23/7), yang menjadi hari terpanas sejauh ini dalam musim panas kali ini.

Upaya mereka dilakukan tanpa bantuan pesawat dan helikopter pemadam kebakaran, yang tidak beroperasi pada malam hari.

Kebakaran paling serius terjadi di pulau Rhodes. Sekitar 19.000 orang telah dievakuasi dari beberapa lokasi di pulau itu di saat kebakaran telah memasuki hari keenam, kata pihak berwenang. Tidak ada evakuasi lagi yang diperintahkan sampai Minggu malam.

Menurut Kementerian Perubahan Iklim dan Perlindungan Sipil, itu adalah "evakuasi terbesar terkait kebakaran hutan di negara ini."

Polisi mengatakan 16.000 orang telah dievakuasi melalui jalur darat dan 3.000 lainnya melalui laut dari 12 desa dan sejumlah hotel. Enam orang sempat dirawat di rumah sakit karena masalah pernapasan. Seorang individu yang jatuh dan menderita patah kaki ketika evakuasi hotel berlangsung dan seorang perempuan hamil masih dirawat di rumah sakit. Sang Ibu hamil itu kini berada dalam kondisi baik, kata pihak berwenang.

Di Bandara Internasional Rhodes, sejumlah turis tampak menunggu untuk terbang pulang. Kementerian Infrastruktur dan Transportasi kemudian mengumumkan bahwa 14 penerbangan TUI dan Jet2 yang membawa 2.700 penumpang, akan berangkat dari bandara Rhodes pada Senin pukul 3 pagi waktu setempat.

Turis asal Inggris Kevin Evans mengatakan ia bersama istri dan ketiga anaknya dievakuasi sebanyak dua kali, yang pertama dari Kiotari menuju Gennadi, lalu kembali dievakuasi ketika api mendekat ke arah ibu kota di pulau tersebut di wilayah timur laut.

"Banyak warga dari Gennadi yang dievakuasi dari hotel, di mana di antara mereka masih menggunakan pakaian renang dan diperintahkan untuk segera meninggalkan hotel," ujar Evans kepada kantor berita PA. "Saat malam hari, kami dapat melihat api di puncak bukit di Kiotari. Mereka mengatakan api melahap semua hotel [di lokasi tersebut]." [ka/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG