Tautan-tautan Akses

Putin Pecat Wakil Menhan, Angkat Penggantinya dari ‘Kerabat dekat’


Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan Anna Tsivileva, putri mendiang sepupu Putin, yang hari Senin (17/6) diangkat sebagai salah satu Deputi Menhan Rusia (foto: dok).
Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan Anna Tsivileva, putri mendiang sepupu Putin, yang hari Senin (17/6) diangkat sebagai salah satu Deputi Menhan Rusia (foto: dok).

Empat deputi menteri pertahanan Rusia pada hari Senin (17/6) diberhentikan dari jabatan mereka oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Salah seorang penggantinya digambarkan oleh para pejabat Uni Eropa sebagai “kerabat dekat.”

Pemecatan deputi pertahanan Nikolai Pankov, Ruslan Tsalikov, Tatiana Shevtsova dan Pavel Popov itu menyusul laporan bulan April tentang suap di antara beberapa pejabat tinggi kementerian.

Putin memecat Menteri Pertahanan Sergei Shoigu pada bulan Mei.

Laporan berbagai berita mengindikasikan pemecatan tersebut merupakan bagian dari penggeledahan militer yang dilakukan oleh Putin dalam upaya memperkuat pasukan Rusia di garis depan di Ukraina. Perubahan serupa terakhir di kementerian itu terjadi setelah invasi besar-besaran pada Februari 2022.

Empat orang yang mengisi lowongan tersebut termasuk Anna Tsivileva, putri mendiang sepupu Putin. Tsivilyova sebelumnya mengepalai dana negara Rusia untuk mendukung pasukan, posisi yang juga ditunjuk oleh presiden.

Orang-orang baru lainnya yang diangkat adalah Pavel Fradkov, mantan wakil kepala administrasi kepresidenan dan putra mantan perdana menteri dan kepala intelijen luar negeri Mikhail Fradkov, mantan wakil menteri perekonomian Oleg Savelyev, dan mantan pejabat tinggi pembangunan ekonomi Leonid Gornin.

Pemecatan tersebut terjadi setelah Putin mengajukan prasyarat baru-baru ini untuk mengadakan perundingan damai dengan Kyiv, yang menuntut penarikan penuh pasukan Ukraina dari wilayah-wilayah yang diduduki Rusia di negara tersebut. [lt/ka]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG