Tautan-tautan Akses

Putin Tak Hadiri KTT BRICS, Afrika Selatan Terhindar dari Dilema


Presiden Rusia Vladimir Putin ketika menghadiri KTT BRICS diBrasilia, Brazil pada 14 November 2019 (foto: dok).
Presiden Rusia Vladimir Putin ketika menghadiri KTT BRICS diBrasilia, Brazil pada 14 November 2019 (foto: dok).

“Pretoria mendapat kartu bebas penjara” kata analis politik, Rabu (19/7). Ia menanggapi pengumuman bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri pertemuan puncak kelompok negara berkembang BRICS di Afrika Selatan pada Agustus.

Dalam KTT di Johannesburg, Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov akan mewakili Rusia, bersama para pemimpin dari Brazil, India, China, dan Afrika Selatan, demikian pernyataan dari kantor kepresidenan.

Wacana Perluasan Keanggotaan BRICS dari Arab Saudi hingga Indonesia
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:11 0:00

Kalau Putin hadir, Afrika Selatan sebagai tuan rumah KTT akan menghadapi dilema. Secara teoritis, sebagai anggota Mahkamah Kriminal Internasional (ICC), negara itu harus menangkap Putin atas dugaan kejahatan perang.

Menurut pakar ekonomi politik Ronak Golpaldas, ketidakhadiran Putin, "memungkinkan pemerintahan Presiden Ramaphosa untuk mempertahankan sikap sebagai pemerintah yang menghormati supremasi hukum."

Analis kebijakan luar negeri Sanusha Naidu mengatakan, “Asumsinya adalah bahwa Rusia adalah mitra BRICS yang sangat kuat. Menurut saya, itu kini menjadi bagian dari narasi yang berusaha untuk mencoba dan menciptakan semacam dugaan bahwa BRICS melemah. BRICS akan maju terus.” [ka/lt]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG