Tautan-tautan Akses

Raja Salman Hadapi Hujan 'Selfie' dalam Kunjungan ke Asia


Raja Salman dan Presiden Joko Widodo (1/3) di Istana Bogor. (Foto: Setpres RI)
Raja Salman dan Presiden Joko Widodo (1/3) di Istana Bogor. (Foto: Setpres RI)

Raja Arab Saudi menyambut tren swafoto atau "selfie", ambil bagian dalam sejumlah pengambilan foto dan video secara santai dalam kunjungannya ke Asia, yang kontras dengan kemegahan dan formalitas dalam sebagian besar kunjungan luar negerinya.

Dalam hari-hari pertama tur regional yang panjang, raja tampil bersama para pejabat papan atas di Indonesia dan Malaysia dalam foto-foto dan video yang telah disebarkan di internet berjuta kali.

Presiden Joko Widodo mengunggah di Facebook sebuah video dirinya, atau disebut vlog, sedang makan bersama raja di Istana Bogor.

Dalam video tersebut, kedua pemimpin itu berkomentar soal kunjungan ke Indonesia, yang pertama oleh seorang raja Saudi dalam hampir lima dekade, dan memberi pemirsa kesempatan langka melihat sebuah acara kenegaraan.

Saat Presiden memegang kamera ponsel, raja terlihat menyantap sup dan menggunakan peralatan makan berwarna emas sebelum berkomentar dalam Bahasa Arab mengenai kunjungannya selama 12 hari di Indonesia, atau yang terlama dalam tur sebulan ke Asia.

"Saya sangat senang ada di Indonesia dan sedang bersama rakyat Indonesia," ujar Raja Salman ke arah kamera, sementara penerjemah yang duduk di belakangnya menerjemahkan kata-katanya ke dalam Bahasa Indonesia.

Vlog Presiden Joko Widodo dan Raja Salman bin Abdul Aziz al Saud
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:26 0:00

Raja juga terlihat berpose untuk swafoto bersama mantan presiden Megawati Sukarnoputri dan putrinya Puan Maharani, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Awal minggu ini, Raja Salman terlihat berswafoto bersama Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, dalam perhentian pertama ke Asia.

Meskipun langka, Raja kadang-kadang muncul di media sosial sebelumnya, termasuk ketika ia berpose tahun lalu untuk swafoto di Qatar bersama seorang remaja yang telah sembuh dari kanker.

Raja bepergian dengan rombongan yang terdiri dari beberapa ratus orang dan hampir 500 ton barang bawaan, termasuk dua eskalator berwarna emas.

Setelah Jakarta, delegasi itu akan berlibur di Bali, di mana empat hotel dan 300 mobil mewah telah disewa untuk lebih dari seminggu, menurut polisi san asosiasi agen wisata.

Raja juga akan mengunjungi Brunei, China, Jepang, Maladewa dan Yordania. [hd]

XS
SM
MD
LG