Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Warga Palestina yang Ditembak Israel


Ribuan warga menghadiri upacara pemakaman dua laki-laki Palestina yang dibunuh tentara Israel di Nablus, Tepi Barat hari Minggu (24/7).
Ribuan warga menghadiri upacara pemakaman dua laki-laki Palestina yang dibunuh tentara Israel di Nablus, Tepi Barat hari Minggu (24/7).

Ribuan orang hari Minggu (24/7) menghadiri upacara pemakaman dua laki-laki Palestina yang dibunuh tentara Israel dalam operasi di Tepi Barat yang didudukinya Sabtu malam (23/7).

Kelompok Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan dua laki-laki itu tewas dalam bentrokan dengan militer di Nablus, dan mengidentifikasi keduanya sebagai Aboud Sobh, berusia 29 tahun, dan Muhammad Al Azizi, berusia 22 tahun.

Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengatakan para tersangka dicari karena serangkaian penembakan.

Militer Israel mengatakan demonstrasi bergulir menjadi aksi kekerasan ketika para demonstran melempari tentara yang beroperasi di Nablus dengan piranti peledak dan melepaskan tembakan ke arah mereka. Tentara Israel membalas tembakan itu.

Militer terus beroperasi di daerah-daerah lain di Tepi Barat di mana terjadi baku tembak singkat lainnya.

Hampir setiap hari, selama berbulan-bulan, pasukan Israel telah melancarkan serangan di Tepi Barat guna memadamkan serangkaian serangan oleh warga Palestina, yang sebenarnya mulai mereda.

Dalam beberapa serangan itu, militer Israel menghadapi perlawanan; yang dalam beberapa kasus menelan korban jiwa.

Menurut penghitungan resmi Palestina, serangan Palestina terhadap Israel sejak awal tahun ini telah menewaskan 19 orang. Sementara lebih dari 60 warga Palestina tewas di tangan pasukan Israel. [em/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG