Tautan-tautan Akses

Rouhani: Iran Tetap Ekspor Minyak, Lawan Perang Ekonomi AS


Kombinasi foto Presiden AS Donald Trump (kiri), 22 Juli 2018 dan Presiden Iran Hassan Rouhani, 6 Februari 2018. (Foto: dok)
Kombinasi foto Presiden AS Donald Trump (kiri), 22 Juli 2018 dan Presiden Iran Hassan Rouhani, 6 Februari 2018. (Foto: dok)

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan, Senin (19/11), perang psikologis yang dilancarkan oleh Washington terhadap Irak akan gagal. Dia juga mengatakan Republik Islam itu akan tetap mengekspor minyak mentah, Reuters melaporkan.

“Amerika menyalahkan kami atas kegagalan-kegagalan di wilayah ini..mulai dari Yaman hingga Irak..Kami tidak akan menyerah kepada tekanan yang menjadi bagian perang psikologis terhadap Iran,” kata Rouhani dalam pidato di Kota Khoy, yang disiarkan secara langsung oleh TV pemerintah.

“Mereka gagal menghentikan ekspor minyak mentah kami. Dan kami akan tetap mengekspor minyak,” kata Rouhani.

Awal bulan ini, Amerika memberlakukan kembali sanksi-sanksi minyak dan perbankan terhadap Iran yang dicabut berdasarkan perjanjian nuklir 2015. Namun Amerika memberikan dispensasi bagi delapan pengimpor minyak utama untuk terus membeli produk-produk minyak Iran tanpa terkena sanksi selama enam bulan lagi.[ft]

XS
SM
MD
LG