Tautan-tautan Akses

Rusia dan Ukraina Lakukan Pertukaran Tawanan saat Paskah Ortodoks


Sekelompok tahanan perang Rusia meninggalkan pesawat militer Rusia setelah mereka dibebaskan. (Foto: via AP)
Sekelompok tahanan perang Rusia meninggalkan pesawat militer Rusia setelah mereka dibebaskan. (Foto: via AP)

Ukraina dan Rusia, Minggu (16/4), mengatakan telah melakukan pertukaran tawanan baru pada hari Paskah Ortodoks, dan Kyiv mengatakan 13 personil militernya telah kembali.

Penasihat kepresidenan Ukraina Andriy Yermak mengatakan pembebasan tawanan perang itu termasuk tentara, pelaut, penjaga perbatasan dan lain-lain, tetapi tidak jelas berapa banyak tawanan Rusia yang dibebaskan Ukraina.

Meskipun perang terus berlangsung, kini pada bulan ke 14, kedua negara telah melakukan pertukaran tawanan beberapa kali, biasanya dalam jumlah yang sama besar.

Dalam sebuah video yang diposting di Telegram, Yevgeny Prigozhin, pendiri dari kelompok tentara bayaran Wagner, terlihat memerintahkan seorang tentara menyiapkan tawanan Ukraina untuk meninggalkan teritori yang dikendalikan Rusia pada “tengah hari” Minggu. Para tawanan terlihat naik keatas truk dan berjalan di sepanjang jalan.

Yermak dalam posting di Telegram mengatakan bahwa kelompok terakhir dari tawanan Ukraina termasuk tentara yang bertempur di Bakhmut, kota pertambangan di Ukraina timur dimana pasukan kedua belah pihak terlibat dalam pertempuran sengit.

“Nyawa orang-orang kami merupakan nilai tertinggi untuk kami,” kata Yermak, dan ditambahkan, sasaran Kyiv adalah memulangkan semua tawanan yang tersisa, meskipun dia tidak memberi angka berapa banyak tentara Ukraina masih berada dalam tahanan Rusia.

Perayaan Paskah Ortodoks di Ukraina sepi, dan jam malam melarang umat merayakan upacara malam hari, yakni perayaan kebangkitan Tuhan Yesus. [jm/my]

Forum

XS
SM
MD
LG