Tautan-tautan Akses

Rusia Gagalkan Serangan Udara Ukraina di Belgorod


Situasi pasca serangan udara terbaru di Belgorod, 24 Maret 2024. (STRINGER / AFP)
Situasi pasca serangan udara terbaru di Belgorod, 24 Maret 2024. (STRINGER / AFP)

Rusia, Rabu (27/3) mengatakan berhasil menggagalkan serangan roket Ukraina yang menargetkan wilayah Belgorod. Sementara itu Ukraina mengatakan Rusia melancarkan serangan pada Selasa malam dengan 13 drone. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan serangan udara negara itu menembak jatuh 18 roket Ukraina.

Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov mengatakan di aplikasi Telegram bahwa ada kerusakan di beberapa rumah di beberapa desa, dan sedikitnya satu orang cedera.

Belgorod, yang terletak di perbatasan antara Rusia dan Ukraina, kerap menjadi sasaran serangan Ukraina sewaktu Ukraina berupaya mengalahkan invasi yang diluncurkan Rusia lebih dari dua tahun lalu. Militer Ukraina mengatakan menembak jatuh 10 dari 13 drone Rusia. Pencegatan itu berlangsung di wilayah Kharkiv, Sumy dan Kyiv.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Selasa malam (27/3) mengumumkan perubahan pada tim keamanan nasionalnya.

Zelenskyy mengatakan dalam pidato malam hariannya bahwa Oleksiy Danilov, sekretaris Dewan Keamanan Nasional Ukraina, telah digantikan oelh Oleksandr Lytvynenko, yang sebelumnya memimpin dinas mata-mata Ukraina.

Zelenskyy menyebut perubahan itu sebagai bagian dari “memulai kembali sistem pemerintahan negara kita.”

“Secara umum, saya mengharapkan penguatan kemampuan strategis negara kita dalam memprediksi dan mempengaruhi proses yang menjadi andalan keamanan nasional negara kita,” kata Zelenskyy.

Ukraina, Selasa (26/3) mengatakan telah menghancurkan 12 drone Rusia yang menargetkan beberapa wilayah Ukraina. Sementara itu Rusia mengatakan berhasil menggagalkan serangan udara Ukraina di kawasan Belgorod yang terletak di perbatasan antara kedua negara.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan pertahanan udara negara itu menembak jatuh drone di wilayah Mykolaiv dan Kharkiv.

Gubernur Kharkiv Oleh Syniehubov melaporkan di aplikasi Telegram bahwa ada kerusakan di sebuah bangunan, tetapi tidak ada korban jiwa.

Gubernur Mykolaiv Vitaliy Kim mengatakan di Telegram bahwa tiga drone dihancurkan di wilayahnya. Ia tidak melaporkan tentang kerusakan maupun korban. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG