Tautan-tautan Akses

Rusia Panggil Dubes Jerman Menyusul Bocornya Penyadapan Percakapan Rahasia


Seorang pria mengibarkan bendera nasional Rusia di pusat kota Moskow menjelang Hari Rusia pada 11 Juni 2023. (Foto: AFP/Kirill KUDRYAVTSEV)
Seorang pria mengibarkan bendera nasional Rusia di pusat kota Moskow menjelang Hari Rusia pada 11 Juni 2023. (Foto: AFP/Kirill KUDRYAVTSEV)

Kementerian Luar Negeri Rusia pada Senin (4/3) memanggil duta besar Jerman untuk Moskow menyusul publikasi kebocoran penyadapan percakapan rahasia militer Jerman mengenai Ukraina, kata media-media berita Rusia.

Berlin pada hari Minggu menuduh Rusia mencoba "mengguncang kestabilan" Jerman dengan menerbitkan rekaman itu di media sosial Rusia, di mana para peserta pembicaraan itu mendiskusikan kemungkinan penggunaan rudal Taurus buatan Jerman.

“Duta Besar Jerman tiba di Kementerian Luar Negeri Rusia, dan dia dipanggil sehubungan dengan percakapan para perwira Jerman tentang Krimea yang dipublikasikan,” kata kantor berita pemerintah Rusia, RIA Novosti.

Kantor berita itu menerbitkan rekaman video yang menggambarkan duta besar itu tiba di kementerian tersebut di Moskow dan menolak menjawab pertanyaan para jurnalis Rusia.

Rekaman pembicaraan berdurasi 38 menit antara perwira Jerman diunggah pada Jumat malam di media sosial Rusia.

Para perwira itu sedang mendiskusikan kemungkinan penggunaan rudal Taurus buatan Jerman di Ukraina dan potensi dampaknya.

Topiknya termasuk mengarahkan rudal ke sasaran seperti jembatan utama di atas selat Kerch yang menghubungkan daratan Rusia ke Krimea, yang dianeksasi oleh Rusia pada tahun 2014.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jerman mengkonfirmasi kepada AFP bahwa kementerian tersebut yakin percakapan di divisi angkatan udara telah "disadap".

Kanselir Jerman Olaf Scholz berjanji akan melakukan penyelidikan penuh atas kebocoran tersebut. [ab/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG